Yahya Sinwar terpilih sebagai pemimpin baru Hamas di Gaza

854

Sinwar akan menggantikan Ismail Haniyeh sebagai pemimpin Hamas di Gaza

GAZA CITY, Palestina

Kelompok perlawanan Palestina Hamas telah memilih pemimpin baru di Jalur Gaza yang diblokade, sumber Hamas melaporkan, Senin.

Yahya Sinwar terpilih sebagai pemimpin baru Hamas di Gaza menyusul pemilihan internal, menggantikan Ismail Haniyeh, sumber melaporkan kepada Anadolu Agency, meminta anonimitas karena pembatasan berbicara kepada media.

Khalil al-Hayya juga terpilih sebagai wakil Sinwar, kata sumber itu.

Haniyeh secara luas diharapkan untuk menggantikan pemimpin biro politik Hamas yang saat ini berada di pengasingan, Khaled Meshaal.

Lahir pada tahun 1962 di kamp pengungsi Khan Younis di Jalur Gaza, Sinwar adalah salah satu pendiri sayap bersenjata Hamas, Izzeddin al-Qassam.

Dia ditahan oleh Israel pada tahun 1988 dan divonis dengan empat hukuman seumur hidup untuk tuduhan serangan berkomplot melawan Israel.

Pada tahun 2011, Sinwar dibebaskan setelah 23 tahun dipenjara sebagai bagian dari pertukaran tawanan yang dimediasi Mesir antara Hamas dan Israel di mana 1.027 warga Palestina dibebaskan dalam pertukaran untuk tentara Israel yang tertangkap oleh Hamas, Gilad Shalit.

Pada tahun 2012, ia terpilih sebagai anggota biro politik Hamas.

Pada bulan September 2015, Amerika Serikat menambahkan Sinwar ke daftar hitam terorisme.

Hamas menguasai Jalur Gaza sejak tahun 2007 dan berhasil memenangkan pemilihan Umum, mengalahkan Fatah yang berbasis di Ramallah. Sejak itu, Gaza berada di bawah blokade Israel.

Anadolu Agency

Berikan Tanggapan Anda...

comments

LEAVE A REPLY