Warga Suriah Meluncurkan Kampanye Untuk Mendukung Lira Turki

105

Pedagang lokal dan anggota dewan di distrik Azaz barat laut Suriah telah memutuskan untuk meluncurkan kampanye guna mendukung mata uang Turki.

Ibrahim Dirbale, kepala biro perdagangan perakitan lokal di Azaz, mengatakan kepada media Turki ,Anadolu Agency, pada hari Selasa(29 Mei) bahwa mereka telah memutuskan untuk mendukung lira Turki sebagai salah satu bentuk balas jasa terhadap dukungan kemanusiaan Turki kepada warga sipil Suriah selama ini.

Berdasarkan kampanye tersebut, mereka akan mendorong pedagang di daerah tersebut untuk menukarkan mata uang asing yang mereka punyai ke mata uang lira.

“Kami telah menyampaikan keputusan kami kepada semua pengusaha,pedagang dan lembaga lain di wilayah tersebut. Turki telah memberikan semua dukungannya dalam tujuh tahun terakhir dengan selalu berdiri di pihak kami (sipil Suriah). Sekarang adalah tugas kami untuk berdiri di samping Turki dalam masa-masa sulit ini. Kami mendorong pengusaha untuk berdagang dengan menggunakan lira Turki,”kata Dirbale.

Dalam akun media sosialnya, majelis lokal Azaz, juga berbagi pernyataan serupa yang menyerukan kepada para pedagang di distrik itu untuk mengubah mata uang mereka menjadi lira Turki sebagai bentuk balas jasa.

Dalam beberapa bulan terakhir, lira Turki telah melemah terhadap dolar AS. Tingkat USD terhadap TRY (Turkish Lira) telah meningkat hampir 20 persen sejak awal tahun ini.

Pekan lalu, kurs dolar AS terhadap lira Turki mencapai titik tertinggi bersejarah di sekitar 4,93 versus 3,78 pada awal tahun 2018, sementara tingkat rata-rata tahun lalu adalah 3,65.

Anadolu Agency

Berikan Tanggapan Anda...

comments

LEAVE A REPLY