Warga Palestina di Gaza “Dikurung di Daerah Kumuh Beracun”,kata Kepala Hak Asasi PBB

74

“Israel secara sistematis telah merampas hak asasi orang Palestina. Ada 1,9 juta warga di Gaza yang dikurung di daerah kumuh beracun sejak mereka lahir sampai mati” kata kepala hak asasi manusia PBB, Zeid Ra’ad al-Hussein, pada Jumat(18/05).

Membuka sesi khusus Dewan Hak Asasi Manusia PBB yang dapat membentuk komisi penyelidikan terhadap kekerasan baru-baru ini di Gaza, Zeid dengan tajam mengkritik Israel, mengatakan bahwa pasukan keamanan Israel telah membunuh 60 orang Palestina hanya dalam waktu sehari (pada hari Senin 14 Mei).

“Tidak ada warga yang dapat merasakan aman karena peristiwa mengerikan itu,” katanya. “Akhiri penjajahan dan kekerasan ! dan kemudian rasa ketidakamanan sebagian besar akan hilang”, Zeid menegaskan.

Sesi ini akan mempertimbangkan resolusi yang menyerukan “penyelidikan independen, komisi penyelidikan internasional.”

Zeid mengatakan aksi para demonstran Gaza itu sendiri tidak tampak sebagai ancaman yang akan segera terjadi atau cedera mematikan yang dapat membenarkan penggunaan kekuatan mematikan oleh Israel.

Israel dikecam secara luas oleh sebagian besar komunitas internasional atas pembunuhan para demonstran Palestina di perbatasan Gaza ketika Amerika Serikat meresmikan kedutaan besarnya di kota suci Yerusalem.

Daily Sabah

Berikan Tanggapan Anda...

comments

LEAVE A REPLY