Warga Irak di London menyerukan agar Turki melakukan intervensi di Mosul

5360

LONDON

Warga Irak yang tinggal di Inggris berkumpul di luar kedutaan Turki di London untuk mendukung upaya Turki membebaskan kota Mosul dari Daesh.

Sekitar 30 orang warga Irak, membawa bendera Turki dan foto Presiden Recep Tayyip Erdogan, menyerukan Turki untuk campur tangan secara langsung dalam serangan untuk merebut kembali kota Mosul.

14573039_135753953554966_5173998853204731784_n

Mosul dan wilayah sekitarnya telah berada di bawah pendudukan Daesh sejak 2014. Operasi ini diharapkan akan dilaksanakan dalam beberapa minggu mendatang.

“Kami di sini untuk menunjukkan dukungan kami untuk sikap Turki dan upaya campur tangan dalam krisis Mosul,” kata Rabi al-Hafidh dari gerakan Mosul Protect, yang menggelar demonstrasi pada hari Minggu.

“Peran ini kosong dan harus diisi oleh kekuatan yang memiliki kemauan dan kemampuan untuk melakukannya. Intervensi Turki dan perlindungan Mosul sangat penting, “tambahnya.

Kondisi warga di kota yang dikendalikan Daesh sangat miskin dan gerak kehidupan telah terhenti, ia mengatakan kepada Anadolu Agency.

“Orang-orang skeptis tentang apa yang akan terjadi. Mereka mengharapkan sesuatu yang dramatis akan terjadi di kota tapi mereka tidak tahu bagaimana untuk keluar dari situasi ini,” kata al-Hafidh.

“Satu-satunya harapan bagi rakyat Mosul adalah Turki,” tambahnya.

Tentara Turki di Irak utara telah melatih pasukan lokal tentang cara untuk melawan Daesh.

Perdana Menteri Turki Binali Yildirim mengatakan hari Kamis bahwa kehadiran militer Turki di Bashiqa akan terus berlanjut meskipun parlemen Irak dari kelompok Syiah melabeli pasukan Turki di negara itu sebagai “penjajah” di awal pekan ini.

Anadolu Agency

Berikan Tanggapan Anda...

comments

LEAVE A REPLY