Wakil Presiden Yaman memuji dukungan Turki untuk Yaman

5568

SANAA, Yaman

Wakil presiden Yaman pada Selasa memuji sikap Turki yang mendukung pemerintah sah Yaman dan upaya untuk mengakhiri kekacauan di sana.

“Hubungan kami dengan Turki yang bersejarah, sangat dihargai oleh Presiden Yaman Abed Rabbo Mansour Hadi,” kata Letnan Jenderal Ali Mohsen al-Ahmar, wakil presiden, selama pertemuan dengan Duta Besar Turki untuk Yaman Levent Eler di Riyadh, Arab Saudi.

“Kami memuji sikap Turki mendukung upaya koalisi pimpinan Saudi yang mendukung legitimasi di negara kita,” ungkapnya dikutip kantor berita Yaman SABA.

Dia menambahkan, “Kami mengucapkan terima kasih kepada rakyat Turki, yang berdiri melawan konspirasi yang mentargetkan legitimasi di kedua negara, Turki dan Yaman.”

Al-Ahmar mengkonfirmasi “kesediaan pemerintah untuk mengembalikan perdamaian ke Yaman, perdamaian berdasarkan inisiatif Teluk dan hasil dari Dialog Nasional, dan Resolusi Dewan Keamanan PBB 2216.”

Resolusi 2216 – disusun oleh anggota koalisi anti-Houthi yang dipimpin Saudi dan disampaikan oleh Jordan – yang disahkan oleh DK PBB pada bulan April 2015.

Resolusi itu menyerukan kepada Houthi dan pasukan pro mantan Presiden Ali Abdullah Saleh untuk mundur dari semua wilayah yang mereka duduki; menyerahkan semua senjata yang disita dari lembaga negara; mengakui Presiden Abd Rabbu Mansour Hadi; dan membebaskan semua tahanan politik.

Sementara itu, Duta Besar Turki Eler menekankan bahwa negaranya akan “melanjutkan peran pendukung untuk legitimasi konstitusional di Yaman, dengan mendorong semua upaya PBB untuk mengakhiri konflik dan untuk menghentikan pertumpahan darah di negeri ini.”

Yaman telah dilanda kekacauan sejak akhir 2014, ketika Houthi dan sekutu mereka menyerbu ibukota Sanaa dan bagian lain dari negara, memaksa anggota pemerintah yang sah untuk sementara mengungsi ke Riyadh.

Konflik meningkat pada bulan Maret tahun lalu ketika Arab Saudi dan negara Muslim Arab meluncurkan kampanye militer besar-besaran yang bertujuan untuk menumpas pemberontak Houthi dan memulihkan pemerintah yang sah.

Anadolu Agency

Berikan Tanggapan Anda...

comments

LEAVE A REPLY