UNRWA: Seperlima Pengungsi Palestina di Suriah Melarikan Diri Dari Pembantaian Assad

1888

Lebih dari 20 persen dari pengungsi Palestina di Suriah telah melarikan diri dari negara itu dalam lima tahun terakhir, kata kepala badan pengungsi Palestina PBB, Kamis (12/05).

“Sebelum perang, ada 560.000 pengungsi Palestina di Suriah. Kami memperkirakan bahwa saat ini sekitar 110.000 hingga 120.000 orang diantaranya telah meninggalkan negara itu,” kata Kepala UNRWA-Pierre Krahenbuhl-pada kunjungan ke Damaskus.

“Ada sekitar 45.000 yang pergi ke Libanon dan 15.000 ke Yordania,” katanya.

“Hampir setengah dari mereka telah meninggalkan Suriah melakukan perjalanan melalui Turki dan kemudian ke berbagai negara lain.”

“Beberapa dari mereka akan pergi ke Eropa. Kami tahu ada pengungsi Palestina yang telah mencapai bagian Asia. Kita juga tahu beberapa dari mereka telah mencapai Amerika Latin.”

Suriah adalah rumah bagi 12 kamp pengungsi Palestina, tiga diantaranya tidak resmi, menurut UNRWA.

Sebelum perang, sekitar 160.000 sebagian besar warga Palestina dan sebagiannya warga Suriah tinggal di distrik Yarmuk di Damaskus selatan.

“UNRWA tidak akan menyerah dalam upaya untuk mencoba menemukan cara mendapatkan akses di masa depan tetapi sementara itu UNRWA terkonsentrasi pada penyediaan bantuan yang dapat dilakukan di lapangan selain di Yarmuk,” kata Krahenbuhl.

“Situasi untuk pengungsi Palestina dan warga sipil di Yarmuk masih sangat menyedihkan -. Sangat, sangat sulit”

Orient News

Berikan Tanggapan Anda...

comments

LEAVE A REPLY