Turkistan Timur (Uighur) sebagai Tunas Peradaban (bag. 1)

290
Proses eksekusi warga muslim Turkistan Timur oleh teroris komunis China

Oleh: Prof. Dr. Alimcan Inayet (Dosen Institute of Turkish World Studies, Ege University di Turki)
—————————————————————————-

Asal Usul Nama “Turkistan Timur” (Doğu Turkistan)

Daerah uighur di china yg menjadi viral di Indonesia akhir-akhir ini memiliki nama asli yaitu Turkistan Timur tatkala ia masih berdaulat sebagai sebuah negara muslim merdeka.

Turkistan timur ini sebenarnya bukanlah wilayah teritorial China sebagaimana klaim mereka, tapi wilayah ini ialah tanah bangsa Turki.

Dahulu, China hingga tahun 1884 terbiasa menyebut wilayah ini dg istilah “Xiyu” yang artinya “daerah barat”. Penamaan ini tidak menunjukkan daerah geografis yg spesifik, namun luas sekali mencakup bagian besar daerah Asia Tengah hingga Turkistan timur itu sendiri.

Kemudian barulah pada tahun 1884, China mulai menggunakan istilah lain untuk menyebut wilayah ini, yaitu; “Xinjiang” (Shincang, Sincan, Sinkiang) yangmana memiliki arti; “new border/batas-batas baru”. Penamaan baru mereka inilah yg menjadi bukti dari mereka sendiri atas penjajahan yang mereka lakukan terhadap wilayah ini. China pun selalu mengklaim bahwa wilayah ini adalah bagian dari mereka sejak saat itu (1884).

Adapun penamaan “Turkistan Timur” ini telah ada pada literatur barat berdasarkan buku literatur kuno bernama “Shehname” (buku kronik/babad sejarah persia yg tertulis dalam bentuk pasal) bahwa ada wilayah-wilayah yang dihuni oleh bangsa Turki bernama “Turan” pada masa sebelum masehi.*(2)

Lalu, nama ‘Turan’ tersebut mengalami perubahan-perubahan dan pada tahun 7 M menjadi “Turkistan Timur” sebagaimana yg disebutkan dalam literatur-literatur bahasa Arab dan Persia.

Berdasarkan Marco Polo, Turkistan Timur merupakan “Great Turkey” atau “Negara Turki Raya”.*(3)

Berdasarkan manuskrip “Turfan”, orang-orang Turk Uighur menyebut wilayah mereka ini sebagai “Uyghur Province/Uygur Ili”.*(4) Sebagaimana juga kita dapati istilah nama “Uyghuristan” dalam beberapa literatur.

Pasca penjajahan Rusia terhadap “Uluğ Turkistan” yg bermakna “Negara Turki Raya” ini pada pertengahan abad 19, sejak itulah bagian paling timur dari wilayah ini dinamakan Turkistan Timur.

—————————————————————–
Wallahu alam. Bersambung InsyaAllah.
Penerjemah: Al Faqir Akbar Fachreza
——————————————————————
Keterangan Foto:
Proses eksekusi warga muslim Turkistan Timur oleh teroris komunis China
——————————————————————

Referensi:

(1). Istilah “tunas peradaban” mengacu kepada tempat-tempat yang diyakini merupakan tempat munculnya peradaban berdasarkan data-data arkeologis yang tersedia saat ini. Istilah ini biasanya disematkan pada peradaban Mohenjo Daro di Lembah Sungai Indus, juga pada Mesir dengan Lembah Sungai Nil, dan Mesopotamia dengan kedua sungai Tigris dan Eufratnya (Dr. Senta German).

(2). Tuncer Baykara, Türklük ve Türkler, 2. Edition, Istanbul: IQ Kültür Sanat Yayıncılık, 2006, halaman. 97-100.

(3). Jean-Paul Roux, Türklerin Tarihi-Pasifik’ten Akdeniz’e, 2000 Yıl, Istanbul: Kabalcı Yayınevi, 2004, hal. 31.

(4). Taşdın sıngar aklatmış ıdduk on Uyghur ilinte. Lihat Gabain, Annamarie von; Winter, Werner. Türkische Turfan-Text IX, “Ein Hymnus an den Vater Mani auf ‘Tocharische’ B mit alttürkischer Übersetzung”, ADAW, Berlin: 1958; On Uyghur il uluşnug. Lihat. Peter Zieme. Buddhistische Stabreimdichtungen der Uiguren, Berliner Turfantexte XIII, Berlin 1985.

Berikan Tanggapan Anda...

comments

LEAVE A REPLY