Turki memanggil duta besar Rusia atas pelanggaran wilayah udara Turki

1552

Jet SU-34 Rusia dilaporkan terbang ke wilayah udara Turki meskipun telah mendapat peringatan radar, mendorong Ankara untuk memanggil Duta Besar Rusia.

Sebuah Jet SU-34 Rusia  telah melanggar wilayah udara Turki meskipun telah mendapat peringatan radar, kementerian luar negeri Turki mengatakan, dan Duta Besar Rusia dipanggil atas insiden tersebut.

Kementerian Turki mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu bahwa pelanggaran diduga terjadi pada hari Jumat, adalah tanda yang jelas bahwa Rusia ingin masalah antara kedua negara semakin meningkat.

Kementerian Pertahanan Rusia menolak tuduhan tersebut sebagai “propaganda tak berdasar”.

“Belum ada pelanggaran wilayah udara tunggal Turki oleh pesawat angkatan udara Rusia di Suriah,” kata juru bicara kementerian Igor Konashenkov kepada kantor berita Rusia.

Namun, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan bersikeras bahwa jet Rusia melanggar wilayah udara di atas negaranya dan memperingatkan Rusia atas “konsekuensi” jika terus melanggar wilayah udara Turki.

“Wilayah udara yang dilanggar tidak hanya wilayah udara Turki tetapi juga wilayah udara NATO,” kata Erdogan.

“Jadi NATO telah mengamati dengan seksama situasi ini. NATO bahkan mendeteksi pelanggaran ini sebelum kita mengetahuinya. Jika Rusia terus melanggar kedaulatan Turki, mereka harus siap dengan konsekuensinya. Saya disarankan berbicara dengan (Presiden Rusia Vladimir) Putin tapi dia tidak menjawab telepon saya … ”

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mendesak Rusia untuk “mengambil semua langkah yang diperlukan” untuk memastikan wilayah udara Turki tidak dilanggar lagi.

“Sebuah pesawat tempur Rusia melanggar wilayah udara Turki kemarin, meskipun peringatan berulang-ulang oleh otoritas Turki. Insiden sebelumnya telah menunjukkan betapa berbahayanya perilaku seperti itu,” kata Stoltenberg dalam sebuah pernyataan.

“Saya menyerukan Rusia untuk bertindak secara bertanggung jawab dan untuk sepenuhnya menghormati wilayah udara NATO.”

Pesawat perang Rusia ditembak jatuh di dekat perbatasan Turki-Suriah 

Turki menembak jatuh sebuah pesawat perang Rusia pada bulan November dalam sebuah insiden yang menghancurkan hubungan antara kedua negara, dimana keduanya terlibat dalam perang Suriah.

Kementerian Pertahanan Rusia mengakui bahwa jet tempur Su-24  jatuh di Suriah akibat tembakan dan tetap menyangkal dengan pengatakan pesawat itu berada di dalam wilayah udara Suriah.

Sumber: Al Jazeera Dan Reuters

Berikan Tanggapan Anda...

comments

LEAVE A REPLY