Turki akan memberikan gaji kepada nenek yang mengasuh cucunya

2189

Turki pada hari Rabu menandatangani protokol untuk proyek percontohan yang bertujuan untuk melakukan pembayaran bulanan untuk nenek yang menjaga cucunya sementara ibu mereka di tempat kerja.

“Grandmother Project” awalnya akan mencakup 6.000 keluarga di 10 provinsi, dan dipantau oleh Departemen Keluarga dan Ilmu Sosial, Menteri Tenaga Kerja dan Jaminan Sosial, Mehmet Muezzinoglu mengatakan pada upacara penandatanganan di Ankara. Proyek ini akan diawali dengan keluarga yang tinggal di İstanbul dan Bursa, dan kemudian berkembang ke lima kota, sampai akhirnya diluncurkan di seluruh Turki.

Müezzinoğlu mengatakan: “Kami akan mendukung nenek dengan 30 persen dari upah minimum bersih, TL 425. Penerima pertama manfaat dari proyek ini adalah 1.000 keluarga di İstanbul, 1.000 keluarga di Izmir, 1.000 keluarga di Bursa, 500 keluarga di Ankara, 500 keluarga di Kayseri, 500 keluarga di Sakarya, 500 keluarga di Antalya, 500 keluarga di Konya dan 500 keluarga di Tekirdağ. ”

Muezzinoglu mengatakan tujuan dari proyek ini adalah untuk mendukung perempuan, menambahkan bahwa nenek yang menjadi pengasuh cucu mereka akan menerima gaji 425 lira ($ 114) per bulan.

Menteri mengatakan biaya proyek sebesar 6 juta lira ($ 1.600.000) per seribu keluarga, dan setengah dari jumlah tersebut akan dibayar oleh Badan Tenaga Kerja Turki (ISKUR), dan setengah lainnya oleh pihak pemangku kepentingan protokol.

Dalam rangka memenuhi persyaratan untuk proyek, yang merupakan pertama di dunia, Muezzinoglu mengatakan, seorang ibu harus telah bekerja selama setidaknya satu tahun, dan memiliki asuransi. Dia juga harus dibayar kurang dari dua upah minimum bulanan, dan seluruh pendapatan keluarga harus kurang dari tiga upah minimum bulanan.

“Kami berencana untuk mentagretkan keluarga berpenghasilan rendah,” katanya, menambahkan bahwa keputusan akan meninjau aplikasi pada akhir Februari, dan proyek akan dilaksanakan pada bulan Maret.

Dia mengatakan usia nenek juga akan dipertimbangkan, tapi kesehatan akan menjadi faktor yang lebih penting, dan seseorang yang berusia lebih dari 65 bisa memenuhi syarat jika dia cukup sehat untuk menjaga anak.

Menteri Keluarga dan Kebijakan Sosial – Fatma Betul Sayan Kaya, mengatakan bahwa selain pemberdayaan perempuan, dan meningkatkan penghasilan mereka, tujuan lain dari proyek ini adalah untuk memperkuat ikatan keluarga tradisional.

Nenek merawat cucu, sementara ibu bekerja adalah fenomena yang sangat luas di Turki, sekarang hampir bagian dari model keluarga. Setelah mereka membesarkan anak-anak mereka sendiri, nenek juga membuat kontribusi signifikan untuk membesarkan cucu mereka, tetapi mereka tidak pernah dibayar untuk itu. Nenek merawat cucu mereka secara gratis, dengan hanya mendapatkan cinta dan apresiasi anak-anak dan cucu mereka.

Fatma Betul Sayan-Kaya berkata, “Model Keluarga mulai menghilang dan model keluarga inti sekarang menjadi fenomena. Karena itu, pertemuan keluarga semakin menurun karena jadwal bekerja yang sibuk. Kami juga bertujuan untuk memperkuat model model keluarga tradisional di mana nenek mengasuh cucu-cucu mereka. ”

“Ketika kami mendukung perempuan, kami juga mendukung keluarga, dan masyarakat pada umumnya,” katanya.

10 provinsi pertama yang termasuk dalam proyek ini adalah Istanbul, Izmir, Ankara, Bursa, Kayseri, Sakarya, Antalya, Konya, Tekirdag dan Gaziantep.

Daily Sabah & Anadolu Agency

 

 

 

Berikan Tanggapan Anda...

comments

LEAVE A REPLY