Trump: Arab Saudi tidak akan bertahan 2 minggu tanpa AS

31

Trump mengatakan dia menyampaikan kepada Raja Saudi: ‘Anda harus membayar untuk (bantuan) militer Anda’

WASHINGTON –¬†Presiden AS Donald Trump memperingatkan Arab Saudi bahwa Raja Saudi tidak akan mungkin bertahan dua minggu tanpa bantuan militer dari Washington.

“Kami melindungi Arab Saudi. Apakah Anda mengatakan mereka kaya? Dan saya mencintai raja, Raja Salman. Tapi saya berkata, ‘Raja, kami melindungi Anda. Anda mungkin tidak berada di sana selama dua minggu tanpa kami. Anda harus bayar untuk (bantuan) militer Anda, “kata Trump.” Anda harus membayar. ”

Trump membuat pernyataan tentang sekutu dekat AS selama rally kampanye di Mississippi pada hari Selasa, membuat gemuruh tepuk tangan dari pendukungnya atas pernyataan tersebut.

Trump tidak menjelaskan kapan dia menyampaikan hal tersebut kepada Raja Salman, tetapi kemungkinan mengacu pada pembicaraan akhir pekan dengan Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud.

Pembicaraan itu berfokus pada “isu-isu keprihatinan regional,” menurut Gedung Putih.

Trump telah menekan OPEC untuk menurunkan harga minyak mentah karena harga baru-baru ini meningkat di atas $ 80 per barrel untuk Brent. Arab Saudi memainkan peran penting dalam kartel minyak.

Selain menurunkan harga minyak, Trump telah meminta Arab Saudi untuk memikul lebih banyak biaya pembelanjaan pertahanan, tetapi peringatan pada hari Selasa menandai kritik paling serius terhadap Riyadh.

Anadolu Agency

 

Berikan Tanggapan Anda...

comments

LEAVE A REPLY