Trudeau: Assad harus mundur untuk perdamaian Suriah 

506

Kanada telah memberlakukan sanksi terhadap 27 pejabat tinggi rezim Suriah dalam upaya untuk memaksa Bashar al-Assad berhenti menggunakan kekerasan terhadap warga Suriah dan menghapus dia dari kekuasaan, menurut media Kanada.

Individu dari pejabat rezim Assad yang memiliki aset di Kanada akan dibekukan dan mereka dilarang melakukan bisnis di Kanada, CTV News melaporkan.

Perdana Menteri Justin Trudeau mengatakan awal pekan ini bahwa jalan untuk perdamaian di Suriah tidak termasuk Assad, Canadian Broadcasting Corporation (CBC) melaporkan.
Menteri Luar Negeri Kanada Chrystia Freeland mengeluarkan pernyataan pada hari Jumat yang mengatakan Kanada juga terlibat dalam penyelidikan penggunaan senjata kimia untuk membantu mengunggap kasus dan menjerat mereka yang melakukan kejahatan perang di Suriah.

“Serangan senjata kimia minggu lalu di Idlib selatan adalah kejahatan perang dan tidak dapat diterima,” kata Freeland, menurut Canadian Press. “Kanada bekerja sama dengan sekutu-sekutunya untuk mengakhiri perang di Suriah dan menuntut pihak yang bertanggung jawab untuk ditahan.”

Assad membantah bahwa rezimnya berada di belakang serangan kimia.

Awal pekan ini, Freeland mendesak Rusia untuk menghentikan dukungannya terhadap Assad, mendesak untuk menghapus Assad dari kekuasaan dan membawa perdamaian ke Suriah.

Ironisnya, Freeland dilarang memasuki Rusia, salah satu dari 13 sanksi Kanada sebagai bagian dari respon Presiden Rusia Vladimir Putin untuk sanksi Barat tiga tahun lalu.

Kanada telah mengatakan akan memberikan kontribusi $ 1,6 miliar untuk memberikan bantuan kepada rakyat Suriah dan sampai saat telah menerima 40.000 pengungsi Suriah.

Middle East Monitor

Berikan Tanggapan Anda...

comments

LEAVE A REPLY