Tokoh kudeta Turki di Kuwait dicekal Arab Saudi saat akan melarikan diri ke Eropa

6695

Atase Militer Turki untuk Kuwait pendukung upaya kudeta, ditahan oleh pihak berwenang Saudi saat hendak melarikan diri ke Eropa.

Atase militer Turki untuk Kuwait, Mikail Gullu, telah ditahan oleh pejabat Arab Saudi setelah permintaan dari Ankara pada hari Minggu, dan akan segera diekstradisi, Anadolu Agency melaporkan pada hari Senin.

13718817_1009069502548049_2874554879918561071_n

Mikail Gullu saat ditangkap di bandara

Menurut laporan, Gullu ditahan setelah ia meninggalkan Kuwait dan mengambil penerbangan transit dari Dammam ke Amsterdam setelah gagalnya upaya kudeta oleh Organisasi Teror Gülenist (Feto) di Turki.

Sumber mengatakan bahwa Gullu diperkirakan akan ditunjuk sebagai presiden Teknik dan Industri Chemical Corporation jika kudeta itu berhasil.

Pemerintah Saudi sedang memproses ekstradisi Gullu, sumber menambahkan.

Sementara itu, Raja Saudi Salman bin Abdul Aziz mengucapkan selamat kepada Presiden Recep Tayyip Erdogan yang telah berhasil menghentikan kudeta:

“Yang Mulia (Raja Salman) Mengucapkan selamat untuk Presiden Erdogan yang mengembalikan kondisi normal di Turki dan menyatakan Kerajaan Arab Saudi menyambut keamanan dan stabilitas yang dipulihkan oleh pimpinan Yang Mulia [Erdogan] dan melanjutkan kerja pemerintah Turki,” Saudi Press Agency melaporkan.

Daily Sabah

Berikan Tanggapan Anda...

comments

LEAVE A REPLY