Sebuah perusahaan bernama Hizbullat !

1757

Untuk memahami mengapa Hizbullat bisa berkembang di luar Lebanon sampai ke Suriah dan Yaman, kita harus melihat kelompok teroris ini sebagai perusahaan Perseroan Terbatas yang menyediakan layanan kepada pemiliknya, rezim Iran. Partai ini dilaporkan menerima $ 900 juta per tahun dari Teheran. Sebagai imbalannya, Hizbullat melakukan banyak tugas kotor dari Iran.

Hizbullat berfungsi sebagai kekuatan tempur yang membebaskan Iran dari keterlibatan langsung dalam perang – inilah mengapa Israel menyerang Lebanon, tidak Suriah atau Iran, meskipun mereka sangat menyadari bahwa Hizbullat hanyalah alat dan bahwa orang-orang Lebanon tak berdaya. Kepentingan Teheran dalam berkonfrontasi dengan Israel tidak ada hubungannya dengan pendudukan Palestina, tapi berhubungan dengan permainan konfrontasi regional.

Iran memiliki keinginan ingin memaksakan pada Barat dan Israel, seperti memungkinkan program nuklirnya dan memperluas pengaruhnya di negara-negara Teluk Arab dan Irak. Ini adalah apa yang telah Teheran capai sebagian melalui Hizbullah dan pasukan milisi lainnya.

Hizbullat mulai aktif di awal 1980-an mendukung Teheran. Mereka menculik wartawan Barat, diplomat dan profesor. Juga membajak pesawat dan bersekongkol untuk melakukan pembunuhan dan pemboman di Kuwait, Arab Saudi dan Bahrain.

Iran telah memperluas wilayah operasi Hizbullat, memerintahkan untuk mengumpulkan dan mencuci uang dari penyelundupan heroin dari Afghanistan melalui Iran, kokain dari Amerika Selatan, dan bahkan rokok dari AS. Hizbullat baru-baru ini menggunakan beberapa bank Lebanon yang mendapat sanksi dari Washington, sehingga mengakibatkan sistem perbankan Lebanon secara keseluruhan berada di bawah pengawasan internasional secara ketat.

Jika Teheran memutuskan untuk menghentikan pendanaan Hizbullat, mereka akan menyusut dalam ukuran dan kegiatan seperti perusahaan komersial lainnya. Hizbullat telah mengalami banyak skandal selama beberapa tahun terakhir.

Beberapa pemimpinnya menjarah uang untuk keperluan pribadi sementara anggotanya sedang sekarat untuk mempertahankan keyakinan partai. Hizbullat juga mengakui infiltrasi serius oleh agen mata-mata Israel, Mossad, yang berhasil merekrut sejumlah pemimpin dan anggotanya. Sebagai hasil dari kesepakatan nuklir Iran, fungsi utama Hizbullat – yang seolah ditugaskan untuk menghadapi Israel – mungkin berakhir. Inilah sebabnya mengapa Hizbullat sedang mencoba untuk memposisikan dirinya sebagai sebuah perusahaan yang menawarkan jasa kepada pihak lainnya.

Dengan demikian, kita dapat memahami pentingnya Yaman bagi Hizbullat. Hizbullat memberikan pelatihan kepada milisi Syiah Houthi yang didukung Iran. Baru-baru ini, setelah Houthi kehilangan kendali atas sebagian besar provinsi Yaman, Hizbullat meningkatkan pengaruhnya dan sedang berusaha untuk membuka front melawan Arab Saudi di perbatasan selatan di provinsi Saada, basis milisi Houthi. Ada laporan kehadiran milisi Hizbullat di daerah konflik lainnya.

Mereka mulai menggantikan tugasnya menghadapi Israel dengan bertempur di Suriah dan mungkin di Turki pada tahap berikutnya. Mereka juga melatih milisi Syiah multinasional untuk membentuk pasukan tentara bayaran seperti Qods Force di Garda Revolusi Iran. Hizbullat telah melatih milisi Hizbullat Irak, Assaeb al-Haq dan milisi Syiah ekstremis lainnya yang berjuang atas nama Iran di Suriah dan Irak pada saat ini, dan memperluas aktivitas mereka ke Yaman dan negara-negara lain.

Artikel ini pertama kali diterbitkan di Asharq al-Awsat pada 1 Maret 2016.

______________________
Opini oleh : Abdulrahman al-Rashed adalah mantan General Manager Al Arabiya News Channel. Seorang veteran dan wartawan yang diakui dunia internasional, dia adalah mantan kepala editor media terkemuka yang berbasis di London, harian Asharq al-Awsat, di mana ia masih rutin menulis di kolom politik. Dia juga menjabat sebagai editor di media cabang Asharq al-Awsat, al-Majalla. Sepanjang karirnya, Rashed telah mewawancarai beberapa pemimpin dunia, dan artikel nya mendapat pengakuan di seluruh dunia, dan ia telah berhasil memimpin Al Arabiya menjadi media yang berpengaruh saat ini.

Al Arabiya

Berikan Tanggapan Anda...

comments

LEAVE A REPLY