“Salam Perpisahan” dari Seorang Jurnalis Douma Terhadap Kotanya

114
Bassam Khabieh adalah seorang fotojurnalis dari kota Douma (Ghouta timur) yang melalui lensanya telah memberikan jendela kepada dunia untuk melihat apa yang terjadi di Ghouta selama lima tahun terakhir. Beberapa hari yang lalu Bassam menjadi salah satu di antara orang-orang yang mengungsi dari Ghouta.
 
Beliau menulis kata-kata dibawah ini pada tanggal 1 April :
 
“Pada awal April 2013 aku menyeberang dari Damaskus ke Ghouta timur untuk terakhir kalinya. Malam itu sangat gelap dan mengerikan saat aku pergi melalui lingkungan pemukiman Qaboun. Dengan temanku aku menyeberangi terowongan dan parit,melewati garis depan ke lingkungan Jobar. Kami menyeberangi jalanan kasar dalam kegelapan,kaki kami serasa dicelupkan ke sungai, sepanjang jalan kami merasakan berjalan seperti orang buta, sampai akhirnya kami berhasil pulang ke kotaku, Douma!
 
Di sini saya sekarang pada April lima tahun kemudian, meninggalkan Ghouta menuju utara Suriah di bawah gelap malam setelah bertahun-tahun pengepungan dan kematian serta tragedi (di Ghouta). Di sana,aku mengubur saudara-saudaraku,teman-temanku dan ribuan nama yang aku tidak tahu. Aku mengucapkan selamat tinggal ke jalanan dan bangunan kota Douma yang hancur karena barel dan roket. Di sana,anak-anak telah wafat saat tidur di pangkuan ibu mereka. Di sana,para ayah pergi ke pasar dan kembali dengan sepotong roti namun sering juga tidak pernah kembali. Hari ini kami meninggalkan Douma melalui kamp Wafedeen. Kami berjalan di antara tentara rezim Assad yang berharap kami mati tetapi takdir memerintahkan sebaliknya. Penduduk lainnya di Douma berdiri di sisi jalan, melihat kami dari balkon mereka dengan keheranan seolah-olah kami bukan tetangga beberapa tahun yang lalu. Seolah-olah kami menyeberang dari planet yang berbeda.”
 
Foto diambil di Douma oleh Bassam Khabieh tanggal 30 Maret 2018

Tulisan dari Bassam Khabieh ini diterbitkan juga di media sosial “The Syrian Campaign

Berikan Tanggapan Anda...

comments

LEAVE A REPLY