Rekaman yang bocor menunjukkan tentara Mesir melakukan pembunuhan di luar hukum

317

Video yang muncul pada hari Kamis menunjukkan tentara Mesir melakukan pembunuhan di luar hukum di wilayah utara Sinai dan melakukan rekayasa agar terlihat seperti tahanan terbunuh dalam baku tembak.

Rekaman yang belum diverifikasi yang diposkan oleh saluran satelit Mekameleen yang berbasis di Istanbul menunjukkan dua orang yang ditutup matanya dan tidak bersenjata ditembak di kepala dan tentara menempatkan senjata di samping mayat-mayat tersebut. Tentara yang muncul dalam video tersebut terlihat mengenakan seragam militer Mesir.

 

Video tersebut juga menunjukkan seorang pria lain, yang juga ditutup matanya dan tidak bersenjata, telah diinterogasi tentang keluarganya sebelum ditembak di kepala.

Sebuah situs berita pro-rezim Mesir mengklaim bahwa video tersebut sengaja dibuat, namun pihak militer tidak membuat pernyataan mengenai kebocoran tersebut.

Pihak militer mengklaim membunuh ratusan ‘militan’ di Sinai setiap tahun, meski jarang menunjukkan bukti, dan wartawan dan non-penduduk dilarang masuk wilayah tersebut. Ratusan pasukan keamanan tewas dalam bentrokan di wilayah tersebut sepanjang tahun.

Sejak menggulingkan Presiden terpilih Muhamad Mursi dari Ikhwanul Muslimin pada pertengahan 2013, pemerintahan Abdel Fattah al-Sisi telah menindak oposisi, menewaskan ratusan pendukung Ikhwanul Muslimin dan memenjarakan ribuan orang. Jaring teror rezim tersebut telah melebar dengan mentargetkan aktivis liberal dan sekuler.

Daily Sabah

Berikan Tanggapan Anda...

comments