Raja Salman Mengunjungi Turki, Menghadiri Pertemuan KTT OKI

2344

Raja Arab Saudi, Salman Ibn Saud, akan tiba di ibukota Turki Ankara hari Senin (11/04) sebagai bagian dari kunjungan resmi ke negara itu dan sebagai tamu Presiden Turki Recep Tayyip Erdo─čan ini, pernyataan dari sumber resmi Kepresidenan Turki mengatakan. Raja Salman kemudian akan menghadiri KTT Organisasi Kerjasama Negara Islam (OKI) di Istanbul pada 14 dan 15 April.

Isu-isu regional dan internasional diharapkan akan menjadi pembahasan dalam pertemuan antara para pejabat Turki dan Arab Saudi. Kedua negara telah menunjukkan hubungan yang semakin dekat dalam beberapa tahun terakhir terutama terkait isu-isu seperti perang yang sedang berlangsung di Suriah dan Yaman, serta peran Iran dalam konflik di kawasan itu.

Sementara itu, Turki dan Arab Saudi sangat berbeda mengenai hubungan mereka dengan Mesir, di mana presiden Mesir yang terpilih secara demokratis ,Presiden Mohamed Morsi, digulingkan oleh kudeta militer yang dipimpin oleh Presiden (kudeta) Mesir saat ini, Abdel Fattah el-Sissi pada tahun 2013. Raja Salman berada di Mesir selama akhir pekan ini sebagai bagian dari pertemuan resmi, di mana dilakukan investasi sebesar $ 16 milyar, bersama dengan perjanjian lainnya sebesar $ 1,7 miliar. Kedua negara juga menyepakati transfer dua pulau di Selat Tiran dari Mesir ke Arab Saudi. Sebagai dua kunjungan resmi yang mengikuti satu sama lain, ada kemungkinan bahwa raja Salman akan mencoba membujuk Turki dan Mesir untuk mengadopsi posisi lebih dekat dalam hubungan bilateral dan kerja sama dalam isu-isu regional.

Pejabat dari Mesir juga diharapkan berada di Turki untuk menghadiri KTT OKI di Istanbul.

Media Turki melaporkan bahwa persiapan intensif sedang dilakukan untuk kunjungan Raja Arab Saudi di Ankara. Sebuah hotel di ibukota (Ankara) akan melayani raja Salman dan delegasi dari Arab Saudi dimana sekitar 500 kendaraan Mercedes-Benz disewakan untuk delegasi Saudi.

Daily Sabah

Berikan Tanggapan Anda...

comments

LEAVE A REPLY