Qatar Siap Mensuplai Berapapun Kebutuhan Gas Turki

1243

Duta Besar Qatar untuk Turki, Salem Mubarak Al-Shafi, mengatakan pada hari Kamis bahwa Qatar akan berdiri bersama Turki untuk menghadapi setiap masalah, termasuk energi, Anadolu Agency melaporkan. Dia dilaporkan mengatakan, “Kami siap untuk memberikan LNG [gas alam cair] ke Turki, negara yang merupakan saudara kami, sebanyak yang mereka inginkan.”

Al-Shafi dilaporkan mengatakan bahwa Qatar mengekspor 1,2 miliar meter kubik LNG ke Turki tahun lalu. Menekankan bahwa setelah kunjungan baru-baru ini oleh Presiden Recep Tayyip Erdogan keDoha, hubungan antara kedua negara telah menjadi semakin erat, Al-Syafi’i mengatakan, “Turki adalah negara saudara kami, dan kami berdiri bersama Turki untuk menghadapi setiap masalah termasuk energi.”

Al-Shafi juga membahas kebijakan Timur Tengah Qatar , mengatakan Turki dan Qatar berada di konsensus dalam masalah ini. Dia mengatakan, “Terutama [mengenai kebijakan] di Suriah, Yaman, dan Libya, kami berbagi pandangan dan prinsip-prinsip yang sama. Kami berusaha untuk menjaga kebebasan dan stabilitas masyarakat di wilayah tersebut.”

“Kedua negara, Qatar dan Turki, memiliki kedudukan terhormat. Keinginan kami adalah bahwa solusi politik akan terus berlanjut dan rakyat Suriah bisa hidup damai,” tambahnya.

Perusahaan energi milik negara Turki, Botas, menandatangani kesepakatan awal pada 2 Desember dengan perusahaan minyak nasional Qatar untuk membeli LNG selama periode jangka panjang. Perjanjian yang ditandatangani selama kunjungan Presiden Erdogan ke negara itu, merencanakan infrastruktur untuk impor dari Qatar dan terminal yang akan didirikan di Turki. Kedatangan Erdogan ke Qatar disambut dengan sebuah upacara resmi oleh Sheikh Tamim bin Hamad bin Khalifa al-Thani, Emir kedelapan negara tersebut.

Daily Sabah

Berikan Tanggapan Anda...

comments

LEAVE A REPLY