Qatar mengalokasikan ratusan juta dolar sebagai dukungan keuangan untuk Gaza

364

Pejabat senior Hamas Ismail Haniyeh mengungkapkan pada hari Sabtu bahwa Qatar telah sepakat untuk mengalokasikan jutaan dolar dalam bentuk dukungan keuangan untuk proyek yang berbeda di Jalur Gaza yang terkepung.

Selama upacara peresmian perumahan untuk warga Gaza yang rumahnya hancur selama serangan militer terakhir Israel di wilayah Gaza pada tahun 2014 yang menewaskan ribuan dan puluhan ribu lainnya kehilangan tempat tinggal, Haniyeh mengumumkan bahwa Qatar sepakat untuk mengalokasikan $ 100 juta dana untuk proyek-proyek rekonstruksi perumahan setiap tahun.

Upacara peresmian pada hari Sabtu memulai tahap kedua proyek rekonstruksi Qatar yang dikenal sebagai Hamad City.
Tahap pertama dari proyek perumahan, terletak di Khan Yunis, kabarnya akan ada 860 penerima manfaat dari 1.060 unit perumahan, yang dipilih melalui undian elektronik.

Proyek perumahan terdiri dari tiga tahap

Pejabat Hamas juga mengatakan bahwa Qatar sepakat untuk membangun sebuah rumah sakit di kota Rafah di selatan Jalur Gaza dengan biaya $ 21 juta.

Selain itu, $ 10 juta disumbangkan untuk membangun sebuah rumah sakit di Jalur Gaza untuk orang dengan kebutuhan khusus, kata Haniyeh.

Haniyeh mengatakan Qatar juga sepakat untuk memberikan bank garansi $ 30 juta untuk mulai mengerjakan jalur listrik baru dari Israel, yang dikenal sebagai proyek 161.

Koordinasi sedang berlangsung antara Qatar dan Turki untuk mencoba meringankan krisis listrik di Gaza, Haniyeh menambahkan. Qatar juga sepakat untuk melakukan kontrak dengan guru Palestina dari Jalur Gaza untuk bekerja di sekolah-sekolah Qatar.

Middle East Monitor

Berikan Tanggapan Anda...

comments

LEAVE A REPLY