Qatar mendukung upaya Turki dalam operasi Afrin

133

DOHA – Kementerian Luar Negeri Qatar mengatakan pada hari Senin bahwa operasi kontraterorisme Turki di wilayah Afrin di Suriah didorong oleh masalah keamanan yang sah.

“Peluncuran operasi militer Turki Sabtu lalu didorong oleh keprihatinan yang sah terkait keamanan nasional dan keamanan perbatasannya, selain melindungi integritas teritorial Suriah dari bahaya pemisahan diri,” kantor berita resmi Qatar QNA mengutip pernyataan juru bicara kementerian Lulwah Rashid Al Khater.

“Turki, anggota NATO, selalu menjadi faktor penstabil di wilayah ini,” katanya.

Al Khater menambahkan bahwa Qatar “sepenuhnya yakin akan komitmen Republik Turki untuk menjaga keamanan warga sipil dan kesatuan wilayah Suriah”.

Turki pada hari Sabtu meluncurkan Operation Olive Branch untuk menumpas teroris PYD / PKK dari Afrin.

Menurut Staf Umum Turki, operasi tersebut bertujuan untuk membangun keamanan dan stabilitas di sepanjang perbatasan Turki dan wilayah tersebut serta untuk melindungi warga Suriah dari penindasan dan kekejaman teroris.

Operasi tersebut dilakukan di bawah kerangka hak Turki berdasarkan hukum internasional, keputusan Dewan Keamanan PBB, hak pembelaan diri berdasarkan Piagam PBB dan penghormatan terhadap integritas teritorial Suriah, katanya.

Pihak militer juga mengatakan hal “yang paling penting” adalah untuk tidak membahayakan warga sipil manapun.

Afrin telah menjadi basis utama bagi PYD / PKK sejak Juli 2012 ketika rezim Bashar al-Assad di Suriah meninggalkan kota tersebut dan menyerahkannya ke kelompok teror tanpa melakukan perlawanan.

Anadolu Agency

Berikan Tanggapan Anda...

comments

LEAVE A REPLY