Qatar Mendukung Rekonsiliasi Palestina

230

Duta besar Qatar untuk Palestina ,Mohamed Al-Emadi, mengatakan bahwa Qatar mendukung rekonsiliasi Palestina baik itu ditandatangani di Kairo ataupun di Riyadh, karena semua orang Arab adalah satu negara.

Dalam sebuah konferensi pers yang diadakan di Gaza, Al Emadi mengatakan bahwa Qatar akan terus mendukung permasalahan Palestina di semua tingkat sampai terwujudnya pembentukan negara Palestina.

Dia juga menekankan bahwa negaranya mendukung Fatah dan Hamas dalam usaha mereka untuk mendorong terjadinya rekonsiliasi, yang menekankan bahwa Pemerintah Nasional Palestina harus menjalankan tugasnya di Jalur Gaza.

“Kapanpun kami ingin menawarkan bantuan (untuk Palestina), kami akan pergi ke pemerintah Palestina” katanya seraya melanjutkan, “Kami ingin melihat pemerintahan yang efektif melayani semua warganegara di semua tingkat.”

Al-Emadi meminta pemerintah Palestina untuk memecahkan masalah di Gaza, termasuk masalah listrik, karyawan dan lain-lain.

Mengenai sikap Qatar terhadap Fatah dan Hamas, Al-Emadi mengatakan: “Qatar memiliki posisi tetap terhadap Hamas dan Fatah, kedua faksi pun mengetahui posisi ini”. Dia juga menekankan bahwa Emir Qatar (syeikh Tamim) adalah satu di antara sedikit pemimpin yang mendukung permasalahan orang-orang Palestina dan ini tidak akan berubah dalam kondisi apapun.

Duta Besar itu mengatakan bahwa (untuk kedepannya) Qatar tidak akan lagi membayar gaji pegawai negeri di Gaza, karena para pegawai tersebut telah harus mendapatkan gajinya dibayar oleh pemerintah mereka.

Al-Emadi menekankan bahwa Qatar dan Kuwait adalah dua negara yang akan memenuhi janji mereka yang dibuat di Konferensi Kairo untuk merekonstruksi Gaza.

Middle East Monitor

Berikan Tanggapan Anda...

comments

LEAVE A REPLY