Qatar melakukan investasi langsung sebesar $ 15 miliar di Turki

35

Kesepkatan investasi terjadi setelah presiden Turki bertemu dengan emir Qatar di ibukota Ankara

ANKARA – Qatar akan mengucurkan $ 15 miliar investasi langsung di Turki, kata pemimpin Qatar pada kunjungan ke Ankara, Rabu, kata juru bicara kepresidenan Turki.

“Qatar telah menjanjikan $ 15 miliar investasi langsung di Turki,” tweet Ibrahim Kalin setelah Presiden Recep Tayyip Erdogan bertemu dengan Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani, Emir Qatar, di ibukota Ankara.

“Hubungan Turki-Qatar didasarkan pada fondasi solid dari persahabatan dan solidaritas sejati,” tambah Kalin.

Menurut kantor pers presiden Turki, Erdogan dan al-Thani juga bertukar pandangan tentang hubungan bilateral dan perkembangan regional selama pertemuan tiga jam mereka.

Dalam sebuah wawancara hari Rabu dengan Anadolu Agency, Duta Besar Qatar untuk Turki Salem bin Mubarak Al-Shafi mengatakan: “Negara Qatar selalu proaktif dalam mendukung saudara-saudaranya Turki.”

Kunjungan Al-Thani, diplomat itu mengatakan, “akan berfungsi untuk mengkonfirmasi hubungan erat antara Qatar dan Turki dan posisi umum mereka terhadap banyak tantangan yang mereka hadapi.”

Dia menambahkan: “Hubungan kami yang kuat dengan Republik Turki memiliki tempat khusus di antara rakyat kami.”

Tweet pada hari Rabu, al-Thani mengatakan: “Kami bersama-sama dengan Turki dan saudara-saudara kami di sana, yang berdiri bersama Qatar dan masalah umat.”

Al-Thani mengatakan mereka telah mengumumkan paket proyek investasi senilai $ 15 miliar di Turki yang memiliki “ekonomi yang produktif, kuat dan solid”.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan pertemuannya dengan al-Thani “sangat produktif dan positif”.

Erdogan mengucapkan terima kasih kepada emir dan rakyat Qatar karena telah memberikan solidaritas kepada Turki.

“Hubungan kami dengan negara sahabat dan persaudaraan Qatar akan terus menguat di banyak bidang,” tulis presiden Erdogan di akun Twitter-nya.

Anadolu Agency

Berikan Tanggapan Anda...

comments

LEAVE A REPLY