Protes Menyebar di Seluruh Iran dalam Festival Api

337

Kegiatan politik dilaporkan menyebar di seluruh Iran setelah ada seruan oleh jaringan oposisi Iran -Organisasi Mujahidin Rakyat Iran (People’s Mojahedin Organization of Iran PMOI / MEK)- untuk bergerak pada kesempatan “Festival Api Nasional” tanggal 13 Maret, yang dalam bahasa Persia disebut Chaharshanbeh Suri.

Beberapa minggu yang lalu, jaringan pendukung MEK di dalam negeri meminta semua orang Iran untuk menunjukkan protes mereka terhadap para mullah yang berkuasa di Iran selama minggu terakhir tahun Persia. Para demonstran Iran, di sejumlah kota membagikan selebaran untuk mendukung seruan ini.

Gambar Maryam Rajavi, Presiden terpilih Dewan Nasional Perlawanan Iran (National Council of Resistance of Iran NCRI), ditampilkan di berbagai lokasi. Sementara foto Pemimpin Tertinggi Iran Ali Khamenei dibakar oleh para aktivis dan demonstran yang meneriakkan yel-yel “Muak terhadap Khamenei !.”

Meskipun banyak usaha dari rezim mullah Iran untuk mencegah aksi dan demonstrasi ini, orang-orang tetap turun ke jalan untuk menentang penindasan rezim tersebut dan untuk mengekspresikan keinginan mereka yaitu perubahan rezim. Orang-orang di seluruh negeri Iran memprotes dengan menyalakan petasan dan melompati api. Tapi perayaan tersebut juga memiliki tema politik dan disertai dengan pembakaran poster Pemimpin Tertinggi Iran dan nyanyian “Death to Khamenei” dan “Death to the dictator.”

Seruan MEK untuk melakukan aksi demonstrasi telah diterima luas oleh publik, mereka berasal dari berbagai kalangan seperti pemilik toko, pedagang di pasar, mahasiswa dan orang-orang dari berbagai lapisan sosial di seluruh Iran.

Orient News

Berikan Tanggapan Anda...

comments

LEAVE A REPLY