Presiden Turki mengecam intervensi militer Rusia di Ukraina dan Suriah

1362

Presiden Ukraina telah bertemu dengan para pemimpin Turki sebagai bagian dari kunjungan ke ibukota negara, Ankara. Dalam pertemuan tersebut Presiden Turki Erdogan menyatakan kecaman atas intervensi militer Rusia di Ukraina dan Suriah.

Berbicara pada konferensi pers di Ankara bersama presiden Ukraina Petro Poroshenko, Erdogan mengecam Rusia dengan menyatakan “Rusia mengatakan pihaknya mengerahkan pasukan di Suriah atas undangan rezim Suriah. Saya ingin tahu siapa yang mengundang mereka ke Ukraina sehingga mereka pergi ke Ukraina? Bagaimana mereka bisa menjelaskan hal ini dalam hukum internasional? ”

Turki memiliki ikatan kekerabatan yang dekat dengan minoritas Muslim Tatar yang berbehasa Turki di Crimea dimana semenanjung Laut Hitam dicaplok oleh Moskow dari Ukraina tahun lalu.

Sebelumnya Turki masih enggan untuk secara terbuka mengkritik tindakan Moskow di Ukraina, hingga hubungan antara Ankara dan Moskow memburuk setelah Turki menembak jatuh sebuah pesawat Rusia di perbatasan Suriah pada November 2015.

Ukraine Today

Berikan Tanggapan Anda...

comments

LEAVE A REPLY