Pengunjuk rasa membakar gambar “Khomeini” dalam demonstrasi besar di Irak

76

Protes di kota-kota dan provinsi Irak melebar pada minggu kedua, ketika demonstran pada hari Senin membakar foto mantan pemimpin Iran Khomeini di kota Basra.

Selama pembakaran foto-foto pemimpin Syiah di Zahra Street, yang oleh otoritas Irak dirubah namanya dua tahun lalu menjadi Jalan Khomeini, para demonstran meneriakkan: “Iran harus keluar dan Basra bebas.” “Bakar Khomeini,” dan “Bakar Popular Mobilization Forces,” mengacu pada milisi Syiah yang didukung oleh Teheran.

Para pemrotes yang marah di provinsi Muthanna, selatan Irak, membakar markas milisi Badr di kota Samawah pada hari Minggu dan menyerbu markas besar kelompok Hezbollah dan Da’wa yang berafiliasi dengan Iran di Najaf dan Maysan. Mereka juga bentrok dengan penjaga markas milisi Asaib Ahl al-Haq.

Sementara itu, pemimpin milisi “Asaib Ahl al-Haq” Qais al-Khazali menggambarkan para demonstran sebagai “agen” yang mencoba untuk menargetkan lembaga-lembaga negara dan partai, sementara sumber pemerintah di provinsi Anbar mengancam akan menidak demonstrasi tanpa izin yang turun ke jalan.

Sebagian besar kota di Irak selatan, yang mayoritas Syiah, menjadi arena protes massal massal dua minggu lalu untuk menuntut layanan publik yang lebih baik, peluang kerja bagi warga yang menganggur dan pemberantasan korupsi.

Syria Call

Berikan Tanggapan Anda...

comments

LEAVE A REPLY