Pengungsi Suriah akan mendapatkan kewarganegaraan Turki setelah referendum

578
Syrian refugees wave Turkish and Syrian Independence flags during a protest against Assad at Yayladagi refugee camp in Hatay province on the Turkish-Syrian border April 10, 2012.

Gubernur Istanbul mengatakan file dari hampir 2.000 warga Suriah telah diserahkan

ISTANBUL

Pengungsi Suriah yang tinggal di provinsi Istanbul akan dipertimbangkan untuk mendapatkan kewarganegaraan Turki setelah referendum April tentang perubahan konstitusi, ungkap gubernur Istanbul, Kamis.

“File-file dari hampir 2.000 warga  Suriah yang memenuhi syarat yang tinggal di Istanbul telah disusun dan telah dikirim ke kementerian untuk proses lebih lanjut,” kata Vasip Sahin pada konferensi pers.

Setidaknya ada 540.000 warga Suriah yang tinggal di provinsi Istanbul, tambahnya.

Pada tanggal 16 April, referendum reformasi konstitusi yang akan menyerahkan kekuasaan eksekutif kepada presiden dan menghapuskan jabatan perdana menteri akan diadakan.

Sahin mengatakan pengajuan file lebih lanjut kepada Kementerian Dalam Negeri sedang dipersiapkan. “File akan dipertimbangkan (diproses) setelah tanggal 16 April” tambahnya.

Sekitar 2,9 juta warga Suriah telah melarikan diri ke Turki sejak konflik di tanah air mereka dimulai pada awal tahun 2011.

Tahun lalu, Presiden Recep Tayyip Erdogan mengusulkan ide memberikan kewarganegaraan kepada warga Suriah dan Wakil Perdana Menteri Numan Kurtulmus kemudian mengatakan pemberian kewarganegaraan bisa “menciptakan sebuah jembatan” antara kedua warga negara.

Anadolu Agency

Berikan Tanggapan Anda...

comments

LEAVE A REPLY