Pejuang Turkmen Merebut 3 Kota di Perbatasan Turki-Suriah Dari Daesh

769

Pejuang Turkmen Suriah berhasil merebut tiga desa dari Daesh di dekat perbatasan Turki dalam bentrokan yang menewaskan 13 pejuang dari etnis minoritas Turkman, Sabtu.

“Ini adalah pertama kalinya para pejuang Turkmen memimpin pertempuran melawan Daesh, dan saat ini mereka mendapat dukungan dari Turki,” kata Rami Abdel Rahman, direktur Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR).

Dia tidak memberikan rincian tentang bantuan dari Truki untuk pejuang Turkman.

SOHR mengatakan 13 pejuang yang terbunuh dalam pertempuran sejak Jumat adalah anggota dari Brigade Sultan Murad, terdiri dari pejuang Turkmen, yang bertempur melawan Daesh di provinsi utara Aleppo.

Bentrokan berpusat pada wilayah di sebelah timur Azaz, sebuah kota di perbatasan Turki, merupakan rumah bagi banyak minoritas Suriah Turkmen, katanya.

Ia menambahkan bahwa Turkmen telah merebut tiga desa perbatasan.

SOHR tidak memiliki data korban dari pihak Daesh namun mengatakan salah satu kendaraan mereka hancur dalam serangan udara oleh koalisi AS di wilayah Azaz Jumat malam.

Daesh mengontrol sebagian besar daerah yang membentang di perbatasan, tetapi Ankara telah berusaha untuk memastikan kelompok tersebut dibersihkan dari daerah antara Jarabulus dan Azaz.

Turki melihat Suriah Turkmen sebagai sekutu alami dan banyak laporan menyebutkan bahwa Ankara ingin mereka memimpin perang melawan Daesh di daerah dekat perbatasan.

Pada bulan November, lebih dari 1.700 warga sipil Turkmens Suriah melarikan diri dari serangan udara yang dilakukan oleh rezim Assad dan Rusia dan mereka masuk ke Turki selatan untuk mencari perlindungan.

Daily Sabah

Berikan Tanggapan Anda...

comments

LEAVE A REPLY