Operasi evakuasi di Aleppo timur terganggu oleh serangan milisi Syiah

1639

Konvoi evakuasi pertama yang membawa orang sakit dan terluka dari Aleppo Timur pada hari Kamis telah diserang oleh milisi Syiah. Konvoi berangkat setelah para pejabat moderat Suriah menegaskan bahwa operasi sudah dimulai untuk mengevakuasi anggota oposisi dan warga sipil dari kota Kamis pagi.

Gencatan senjata disepakati untuk operasi evakuasi yang mulai berlaku pada Rabu malam, dengan evakuasi diharapkan akan di mulai dalam beberapa jam berikutnya.

Tapi dilaporkan beberapa menit setelah awal operasi satu orang terbunuh dan empat orang terluka setelah milisi Syiah menyerang konvoi evakuasi yang berangkat dari Aleppo timur. Setelah serangan itu, konvoi harus kembali ke kota Aleppo timur tanpa berhasil menyelesaikan evakuasi.

Juru Bicara Kepresidenan Turki İbrahim Kalin mengatakan di akun Twitter-nya bahwa Turki siap untuk menyambut para pengungsi dari Aleppo Timur.

Evakuasi warga sipil dan pejuang oposisi dari sedikit wilayah yang masih dikuasai oposisi di Aleppo timur seharusnya tekah dimulai saat fajar hari Rabu, tapi penembakan oleh rezim Assad dan milisi Syiah yang didukung Iran pada pagi hari sebelum evakuasi berlangsung, melanggar gencatan senjata.

Dengan kekhawatiran memuncak bahwa rezim akan menembak mati keluarga di jalan-jalan, oposisi mengumumkan kesepakatan gencatan senjata telah kembali ke jalurnya, menawarkan semua orang sepotong harapan.

Daily Sabah

Berikan Tanggapan Anda...

comments

LEAVE A REPLY