Menteri Zionis Israel Mengunjungi Masjid Sheikh Zayed di Abu Dhabi

133

Menteri olah raga dan kebudayaan zionis Israel ,Miiri Regev, mengunjungi Masjid Agung Sheikh Zayed di Abu Dhabi,ibukota Uni Arab Emirat (UAE),pada hari Ahad(28/10).

Foto Regev di dalam lingkungan masjid, mengenakan abaya longgar dan menutupi sebagian rambutnya, menarik banyak perhatian di media sosial. Dalam sebuah postingan Facebook, yang menyertai sebuah video tentang dirinya,  Regev mengatakan bahwa dia diundang oleh perwakilan resmi dari UAE untuk mengunjungi masjid tersebut.

“Mengakhiri kunjungan yang berkesan ke Abu Dhabi yang membawa banyak rasa hormat dan kebanggaan kepada Negara Israel,” katanya.

“Saya senang bahwa saya mendapat kehormatan menjadi tokoh Israel senior pertama yang menandatangani buku tamu di masjid ini. Saya memilih untuk menulisnya dalam bahasa Ibrani, pertanda dari pesan persaudaraan dan harapan untuk perdamaian di antara orang-orang kami.”

Regev melakukan kunjungan langka ke negara itu sebagai bagian dari delegasi Israel yang menyertai atlet Judo ,Sagi Muki, yang berkompetisi dalam Kompetisi Judo di Abu Dhabi Grand Slam 2018.

Pada hari Ahad, Muki mengalahkan Matthias Casse dari Belgia, dan memenangkan medali emas. Saat dia mengambil posisi juara, lagu kebangsaan Israel dikumandangkan di UAE untuk pertama kalinya,sementara Regev terlihat menangis (haru).

“Kami membuat sejarah. Orang-orang Israel berjaya!” Kata Regev di media sosial.

Israel dan UAE tidak memiliki hubungan diplomatik dan tahun lalu atlet Israel harus mengikuti perlombaan sebagai perwakilan Federasi Judo Internasional  tanpa mengenakan simbol negara Israel setelah UAE menyampaikan kekhawatiran tentang keamanan mereka.

Perdana Menteri Israel ,Benjamin Netanyahu dengan cepat mencari keuntungan politik dari acara olahraga dan memberi selamat kepada atlet Judo pada hari Ahad, Netanyahu menulis di Tweeternya: “Setiap orang tergerak oleh kehormatan dan kebanggaan ini. Ini bukan hanya prestasi pribadi Anda dan prestasi Yahudi dari atlet olahraga Israel, tetapi hal ini juga merupakan fakta bahwa lagu kebangsaan Israel dimainkan di Abu Dhabi. Anda tahu bahwa saya baru-baru ini ke daerah itu, tidak jauh dari sana. Sagi,Anda telah berkontribusi terhadap upaya diplomatik Israel di dunia Arab,” kata Netanyahu, mengacu pada kunjungannya ke Oman pada Jumat sebelumnya.

Netanyahu bertemu dengan Sultan Oman,Sultan Qaboos bin Said dalam sebuah langkah yang dijelaskan oleh pejabat kementerian luar negeri senior Oman sebagai upaya untuk “menyadarkan kembali” pembicaraan damai di Timur Tengah. Itu adalah kunjungan diplomatik pertama kalinya sejak tahun 1996.

Kedatangannya PM Israel di ibukota Oman,Muscat, mengikuti kunjungan Presiden Palestina Mahmood Abbas awal pekan lalu. Kunjungan kedua pemimpin itu atas undangan Sultan Qaboos.

Menteri Intelijen dan Transportasi Israel Yisrael Katz akan mengunjungi Oman pada 1 pekan setelahnya.

The National

Berikan Tanggapan Anda...

comments

LEAVE A REPLY