Menteri Turki: Daesh Mencoba Merakit Pesawat di Suriah

185
Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu

Teroris Daesh berusaha membuat pesawat di utara Suriah di mana tentara Turki melakukan operasi lintas batas, kata seorang menteri Turki.

Mengacu pada operasi militer Turki Euphrates Shield di Suriah, Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu mengatakan tentara Turki menyita pabrik-pabrik produksi bom di seberang perbatasan.

“Mereka bahkan mencoba untuk merakit pesawat,” katanya.

Operasi Euphrates Shield, yang dimulai pada 24 Agustus 2016 dan berakhir pada Maret 2017  bertujuan untuk menghilangkan ancaman teroris di sepanjang perbatasan di wilayah utara Suriah seperti Jarabulus, Al-Rai, Al-Bab dan Azaz, berkoalisi dengan Free Syrian Army (FSA) yang didukung oleh artileri Turki dan perlindungan  udara.

Soylu mengatakan sejak tahun 2011 tercatat sebanyak  916 warga Uni Eropa ditangkap ketika mencoba menyeberangi perbatasan Turki untuk bergabung dengan milisi Daesh. Ada 9394 warga Uni Eropa dimasukkan dalam daftar orang asing terlarang untuk menyeberangi perbatasan Turki, untuk mencegah mereka bergabung dengan kelompok teroris.

Lebih dari 300 orang telah kehilangan nyawa mereka dalam serangan yang diklaim dilakukan oleh Daesh di wilayah Negara Turki, di mana organisasi teror itu telah menargetkan warga sipil dalam bom bunuh diri, roket dan serangan senjata dalam beberapa tahun terakhir.

Soylu mengatakan ada beberapa gua yang berhasil dibebaskan tentara Turki dari teroris PKK di Turki,ada yang sepanjang 3.000 meter, sementara beberapa lainnya memiliki tiga lantai dan panjangnya 100 meter.

Dalam lebih dari 30 tahun kelompok teror PKK telah melakukan kampanye melawan Republik Turki. PKK – yang terdaftar sebagai organisasi teroris oleh Turki, AS dan Uni Eropa – bertanggung jawab atas kematian sekitar 40.000 orang, termasuk wanita dan anak-anak.

Anadolu Agency

Berikan Tanggapan Anda...

comments

LEAVE A REPLY