Menteri Pertahanan Kanada: Kami tidak akan bekerja sama dengan Hizbullat

1610

Menteri Pertahanan Kanada Harjit Sajjan mengatakan bahwa pihak berwenang Kanada tidak akan berurusan dengan para pejabat Hizbullat saat mereka mempersiapkan diri untuk mengirimkan penasihat militer ke Lebanon, dalam rangka pembahasan mengenai strategi baru Ottawa untuk melawan ISIS, Naharnet melaporkan.

“Kami hanya akan berurusan dengan pemerintah yang sah dari Libanon dan tidak akan berurusan dengan Hizbullat,” Radio Canada International (RCI) mengkutip perkataan Sajjan pada hari Kamis.

Pernyataan Sajjan ini disampaikan di Brussels, di mana ia menghadiri Pertemuan tingkat tinggi NATO, untuk menanggapi pertanyaan tentang rencana Kanada tentang pengiriman hingga 100 tentara ke Libanon dan Yordania untuk membantu militer masing-masing negara tersebut melawan ancaman yang ditimbulkan oleh ISIS.

Menurut RCI, Sajjan mengatakan Angkatan Bersenjata Kanada akan bekerja sama dengan otoritas Yordania dan Lebanon dalam rangka memmbangun kapasitas untuk membantu mereka mengatasi ancaman yang mereka hadapi di perbatasan mereka dengan Suriah.

Kanada menganggap Hizbullat sebagai organisasi teroris.
Pekan lalu, Menteri Luar Negeri Kanada Stephane Dion dan Menteri Pembangunan Internasional Marie-Claude Bibeau mengatakan Ottawa akan memberikan sekitar 0,2 miliar untuk dana pembangunan dan bantuan kemanusiaan dan upaya lain selama tiga tahun untuk menanggapi krisis di Irak dan Suriah dan untuk mengatasi dampak yang ditimbulkan di Yordania, Lebanon dan wilayah yang lebih luas.

Dana akan mencakup bantuan untuk Yordania dan Libanon untuk meningkatkan keamanan serta untuk memberi makanan dan rumah untuk pengungsi yang terlantar akibat konflik di negara-negara tetangga.

Orient News

Berikan Tanggapan Anda...

comments

LEAVE A REPLY