Menteri Kehakiman Turki Kembali Memanggil Saudi Untuk Bekerja Sama dalam Penyelidikan Khashoggi

20

Menteri Turki Urusan Kehakiman, Abdulhamit Gül, telah memperbarui seruan kepada Arab Saudi untuk bekerja sama dalam penyelidikan pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi di Konsulat Saudi di Istanbul. Menteri itu mengatakan bahwa “tidak ada yang bisa lolos dari tanggung jawab.”

Gül mengatakan pada hari Kamis (01/11) pekan lalu bahwa jaksa utama Arab Saudi (yang telah menghabiskan tiga hari di Istanbul) dinyatakan gagal menjawab pertanyaan Turki.

Komentarnya datang sehari setelah jaksa kepala Istanbul mengumumkan bahwa Khashoggi langsung dicekik segera setelah memasuki konsulat Saudi pada tanggal 2 Oktober dan tubuhnya dipotong-potong (dimutilasi) dan dibuang.

Turki meminta Arab Saudi mengungkapkan dimana lokasi dari sisa-sisa tubuh Khashoggi dan menyelidiki siapa yang memberikan perintah kepada 15 orang yang diduga merupakan anggota dari “regu pembunuh” yang dicurigai kuat sengaja dikirim ke Turki untuk membunuh wartawan itu(Khashoggi).

Gül berkata: “Harapan kami adalah agar pertanyaan-pertanyaan ini dijawab dengan cepat.”

Menyatakan bahwa masalah internasional tidak dapat ditutup-tutupi, menteri kehakiman Turki bersikeras bahwa tanggung jawab atas pembunuhan Khashoggi tidak dapat dihindari.

Ditanya apakah Jaksa Penuntut Umum Istanbul akan mengunjungi Arab Saudi sebagai bagian dari penyelidikan Khashoggi, Gül menjawab bahwa kemungkinannya tidak, karena pembunuhan itu terjadi di Turki.

“Sebelum Saudi menjawab pertanyaan dari Turki, saya pikir tidak tepat untuk memasuki tahap baru penyelidikan,” tambahnya.

Turki meminta ekstradisi 18 tersangka yang ditahan di Arab Saudi atas pembunuhan Khashoggi. Hal ini juga menekan Arab Saudi untuk memberi informasi tentang siapa yang memerintahkan pembunuhan Khashoggi dan dimana lokasi jenazahnya.

Presiden Turki,Recep Tayyip Erdoğan, telah meminta Saudi untuk mengungkapkan identitas seorang kolaborator lokal yang dikatakan oleh pejabat Saudi telah terlibat dalam menyingkirkan tubuh Khashoggi.

Wakil juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika Serikat, Robert Palladino, mengatakan kepada wartawan bahwa sisa-sisa tubuh Khashoggi harus dikumpul dan dikembalikan ke keluarganya untuk dimakamkan sesegera mungkin.

Daily Sabah

Berikan Tanggapan Anda...

comments

LEAVE A REPLY