Menlu Turki: Turki akan memboikot pembicaraan Suriah jika PYD diundang

999

Cavusoglu mengatakan delegasi negosiasi di Jenewa tidak boleh mencantumkan kelompok PYD atau kelompok teroris lainnya.

STRASBOURG, Perancis

Ankara akan memboikot pembicaraan damai Suriah yang diprakarsai PBB di Jenewa jika Democratic Union Party (PYD) diundang ke meja perundingan, kata Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu, Selasa.

PYD adalah ekstensi teroris komunis PKK di Suriah, yang dianggap sebagai organisasi teroris oleh Turki, Amerika Serikat dan Uni Eropa.

“Di bawah nama apa PYD akan duduk di meja perundingan? Bisakah organisasi teroris menjadi wakil dari warga [Kurdi Suriah] ,” katanya saat wawancara langsung dengan saluran berita NTV di Strasbourg, di mana Cavusoglu  menghadiri Sidang Majelis Musim Dingin Parlemen Dewan Eropa.

Pernyataan itu disampaikan sebelum pembicaraan damai Suriah dijadwalkan dilaksanakan hari Jumat di Jenewa, dimana undangan telah dikirim setelah penundaan karena perselisihan tentang faksi oposisi yang diundang untuk berpartisipasi dalam menentukan proses politik mengakhiri konflik lima tahun di Suriah.

“Akankah al-Qaeda dan Al Nusra dapat mengambil tempat duduk di meja perundingan ? Negosiasi akan dilakukan antara oposisi dan rezim. Kelompok teroris keluar dari daftar,” katanya.

Cavusoglu menegaskan ketidaksetujuan Turki terhadap keterlibatan PYD atau sayap bersenjatanya, Unit Perlindungan Rakyat (YPG), dalam negosiasi perdamaian.

“Mereka mengatakan PYD tidak akan diundang, tetapi jika diundang kami pasti akan memboikot pembicaraan Jenewa,” tambahnya.

Diplomat tinggi Turki menekankan bahwa Ankara sebelumnya berkomitmen bahwa PYD tidak diijinkan disertakan dalam pembicaraan.

“[Jika itu terjadi], maka akan merusak reputasi oposisi. Ini tidak akan menjadi keuntungan tetapi kerugian bagi mereka karena oposisi akan dikaitkan dengan kelompok teroris,” katanya.

Pada hari sebelumnya, Perdana Menteri Ahmet Davutoglu mengatakan Ankara menganggap kehadiran Kurid Suriah di meja sebagai suatu kebutuhan, ketika ia menghadiri pertemuan Justice and Development (AK) Party di Ankara.

Dalam sebuah wawancara untuk CNN Christiane Amanpour, Senin, Davutoglu mengatakan mereka memperlakukan PYD sebagai mitra yang tidak sah  yang tidak memahami realitas di wilayah Suriah.

“Tidak ada yang bisa meyakinkan kita bahwa [PYD] bertujuan mencapai perdamaian”, katanya.

Turki telah berulang kali mengecam PYD karena bekerja sama dengan pasukan rezim Suriah Bashar al-Assad.

Anadolu Agency

Berikan Tanggapan Anda...

comments

LEAVE A REPLY