Menlu Turki Memanggil Dubes Belgia Karena Berdirinya Tenda Teroris PKK di Brussels

1661
Tenda, bendera dan poster milik organisasi teror PKK serta sayap militernya terlihat di ibukota Belgia (brusssels) . (Foto dari Daily Sabah)

Departemen Luar Negeri Turki telah memanggil Duta Besar Belgia untuk Ankara, Marc Trentesau, atas tenda yang didirikan oleh simpatisan kelompok teroris PKK di tengah kota Brussels (ibukota Belgia) ketika pertemuan mengenai migrasi (krisis pengungsi) antara Turki dan Uni Eropa masih berlangsung.

Dubes Marc Trentesau memperoleh protes dari Turki mengenai isu tersebut.

Masalah ini memicu protes dari otoritas Turki, Presiden Recep Tayyip Erdoğan dan Perdana Menteri Davutoğlu melayangkan kritik keras kepada pemerintah Belgia.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Turki Mevlüt Çavuşoğlu memanggil rekan Belgianya Didier Reynders untuk memberitahukan bahwa Turki menemukan berdirinya tenda dari organisasi teror di pusat Uni Eropa merupakan hal yang tidak dapat diterima, dan meminta penghapusan segera atas tenda tersebut.

Menurut catatan informasi yang diberikan oleh Kementerian Luar Negeri, Mevlüt Çavuşoğlu mengatakan kepada Reynders bahwa hal itu tidak dapat diterima, tenda yang telah dihapus sebelumnya lagi-lagi dipenuhi dengan spanduk dan poster organisasi teror PKK, Çavuşoğlu menggarisbawahi bahwa hal itu tidaklah mengenai kebebasan berekspresi atau pertemuan.

Menteri luar negeri Turki meminta rekannya untuk tidak menampilkan perbedaan (standar ganda) dalam memerangi organisasi teror dan menekankan bahwa pihak berwenang Belgia perlu untuk menunjukkan tekad yang tepat terhadap organisasi teror PKK seperti yang Belgia lakukan untuk Daesh.

Catatan ini juga memberikan informasi tentang panggilan telepon yang diadakan pada tanggal 17 Maret, sebelum pertemuan di Brussels, antara dua menteri tersebut.

Selama panggilan telepon, Reynders menyampaikan belasungkawa atas serangan teror yang terjadi di Istanbul pada hari Sabtu lalu, sementara Çavuşoğlu menyatakan simpatinya atas penangkapan tersangka serangan Paris yang tertangkap di Belgia.

Daily Sabah

Berikan Tanggapan Anda...

comments

LEAVE A REPLY