LSM Turki telah menyiapkan makanan berbuka puasa untuk pengungsi selama bulan Ramadhan

4036

Sebuah LSM dibawah Direktorat Departemen Agama Turki (Diyanet) siap meluncurkan program bantuan amal untuk bulan suci Ramadan mendatang dan seterusnya, termasuk makanan buka puasa dan bantuan kebutuhan pokok untuk warga sipil di negara-negara yang dilanda perang.

Mustafa Tutkun, kepala Turki Diyanet Foundation (TDV), mengatakan kelompok NGO Turki akan menyediakan makanan berbuka puasa untuk pengungsi di Turki selama bulan Ramadhan yang dimulai pada 6 Juni sampai 5 Juli tahun ini.

Turki mengadopsi kebijakan pintu terbuka terhadap pengungsi Suriah pada 2011, membuka perbatasan untuk warga sipil yang mengungsi dari perang, dan sekarang menjadi tuan rumah untuk sekitar 3 juta pengungsi.

Selama bulan suci NGO Turki juga akan membagikan pasokan makanan untuk orang di Suriah yang dilanda perang serta untuk warga Rohingya di Rakhine, Myanmar di Asia tenggara.

Tutkun mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa TDV memiliki proyek bantuan jangka panjang di 135 negara tanpa diskriminasi atas dasar agama, bahasa, etnis, atau jenis kelamin.

Dengan program  “Time to Help Syria” yang diluncurkan pada akhir 2012, yayasan ini bertujuan untuk meringankan penderitaan warga yang negaranya dilanda perang, katanya. “Total amal dalam kampanye adalah 13.500 lira Turki, dan kami mencoba untuk menemukan solusi permanen dengan proyek berkelanjutan,” tambahnya.

Menjelaskan bagaimana kelompoknya mendirikan sebuah kamp pengungsi dengan lebih dari 1.000 tenda di Azaz di provinsi Aleppo barat laut Suriah, Tutkun mengatakan TDV telah memasok keluarga dengan perlengkapan memasak dan tidur.

“TDV juga telah menyampaikan bantuan kemanusiaan, selimut, dan bahan kebutuhan lainnya ke Suriah,” kata Tutkun, menambahkan, “TDV telah memberikan 40.000 makanan sehari-hari untuk 4.000 keluarga di kamp ini.”

Dalam proyek lain, TDV mengirim tujuh truk yang membawa 7.000 paket bantuan kemanusiaan dan 7.000 selimut di samping 23 truk bantuan kemanusiaan yang dikumpulkan oleh cabang TDV untuk etnis Turkmen di Bayırbucak, Irak.

Tutkun juga mengatakan TDV telah membantu 33 keluarga Uyghur yang tinggal di Istanbul sejak November 2014.

“TDV telah membayar sewa tempat tinggal untuk 33 keluarga Uyghur, yang naik menjadi 45 keluarga pada Agustus lalu. Kami juga berencana untuk membagikan makanan berbuka puasa selama bulan Ramadhan,” jelasnya.

Tutkun mengatakan kelompok itu juga telah memasok bantuan 2,7 juta lira Turki untuk Muslim yang tinggal di Rakhine, Myanmar.

“TDV berencana untuk membagikan 8.050 paket bantuan kemanusiaan dan untuk menyediakan makanan berbuka puasa untuk 14.500 orang di Rakhine,” tambahnya.

Daily Sabah

Berikan Tanggapan Anda...

comments

LEAVE A REPLY