Konsolidasi, GCC mengadakan pertemuan luar biasa membahas ketegangan Arab-Iran

1704

Gulf Cooperation Council (GCC) akan menggelar pertemuan luar biasa pada hari Sabtu untuk membahas ketegangan yang semakin meningkat antara Arab Saudi dan Iran, juru bicara GCC mengatakan dalam sebuah pernyataan, Selasa.

“Para menteri luar negeri dari Amerika GCC akan menyelenggarakan pertemuan luar biasa di Riyadh pada hari Sabtu … untuk membahas dampak dari serangan terhadap Kedutaan Besar Arab Saudi di Teheran dan konsulat Saudi di kota Masyhad, Iran,” Sekretaris Jenderal GCC Abdullatif bin Rashid Al Zayani mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Demonstran Iran memprotes eksekusi dari pendeta Syiah Nimr al Nimr oleh Arab Saudi dengan menyerbu kedutaan Saudi di Teheran pada hari Minggu.

Sebagai tanggapan atas hal ini, Arab Saudi memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran dan memerintahkan misi diplomatik Iran di Riyadh untuk meninggalkan negara itu dalam waktu 48 jam.

Beberapa negara Teluk dan negara-negara Arab lainnya termasuk Bahrain, Uni Emirat Arab, Sudan dan Kuwait mengikuti langkah Arab Saudi dengan memutuskan hubungan diplomatik atau menurunkan tingkat hubungan diplomatik.

Pernyataan resmi dari PBB, AS, Turki dan Uni Eropa meminta kedua belah pihak untuk meredakan ketegangan.

Iran dan Arab Saudi, yang menganggap satu sama lain sebagai rival regional, sudah terlibat perselisihan selama perang di Yaman dan Suriah karena mereka mendukung pihak yang berlawanan.

TRT World

Berikan Tanggapan Anda...

comments

LEAVE A REPLY