Khashoggi Tidak Mungkin Dibunuh Tanpa Perintah ‘Pejabat Tingkat Tinggi’

187
Juru bicara Partai Keadilan dan Pembangunan di Turki (AK Party) Ömer Çelik .

Juru bicara Partai Keadilan dan Pembangunan di Turki (AK Party) Ömer Çelik mengatakan pada hari Rabu(31/10) bahwa wartawan Saudi, Jamal Khashoggi, tidak mungkin terbunuh tanpa perintah dari seseorang yang memiliki posisi tingkat tinggi.

Berbicara kepada wartawan di Ankara, Çelik mengatakan tidak mungkin bahwa para pejabat Saudi masih belum menemukan tubuh wartawan tersebut.

Khashoggi hilang setelah memasuki Konsulat Saudi di Istanbul pada tanggal 2 Oktober.

Saudi awalnya mengatakan Khashoggi telah meninggalkan gedung konsulat dalam keadaan hidup, namun beberapa minggu kemudian pemerintah Saudi akhirnya mengakui bahwa wartawan itu telah meninggal di sana (dalam gedung konsulat).

“Kami ingin tahu di mana tubuh (Khashoggi), kami ingin pihak berwenang Turki menerima informasi tentang siapa kolaborator lokal yang diklaim terlibat oleh Saudi”, Çelik mengatakan.

Menegaskan bahwa Turki tidak menuduh siapa pun, juru bicara itu menggarisbawahi bahwa Ankara tidak akan mengizinkan pihak manapun menutup-nutupi terkait dengan insiden tersebut.

Investigasi atas insiden itu menunjukkan bahwa adanya regu pembunuh khusus yang datang ke konsulat Saudi untuk membunuh Khashoggi dan menutup-nutupi pembunuhan itu. Komunitas internasional menolak untuk menerima klaim Saudi bahwa insiden itu bukan pembunuhan terencana.

Turki mencari ekstradisi 18 orang tersangka yang ditahan di Arab Saudi atas pembunuhan Khashoggi. Hal ini juga menekan Arab Saudi untuk memberi informasi tentang siapa yang memerintahkan pembunuhan Khashoggi dan dimana lokasi jenazahnya.

Presiden Turki,Recep Tayyip Erdoğan telah meminta Riyadh untuk mengungkapkan identitas seorang kolaborator lokal yang diklaim Saudi diduga telah terlibat dalam menyingkirkan tubuh Khashoggi.

Daily Sabah

Berikan Tanggapan Anda...

comments

LEAVE A REPLY