Kelompok Teror YPG Menggali Parit di Manbij Suriah,Walaupun Ada Janji Penarikan Pasukan

21
Hulusi Akar, Menteri Pertahanan Turki

Kelompok teror afiliasi dari PKK Turki, YPG, belum meninggalkan distrik Manbij di utara Suriah meskipun sebelumnya telah ada perjanjian. “Meskipun YPG berjanji akan keluar dari Manbij, organisasi teroris itu masih menggali parit di Manbij seperti yang terjadi di Afrin,” kata Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar.

Pada bulan Juni, Turki dan Amerika Serikat (AS) menyetujui kesepakatan yang berfokus pada penarikan kelompok teror YPG dari distrik Suriah. Manbij telah menjadi titik pelik utama dalam hubungan yang tegang antara AS dan Turki. Turki menilai YPG sebagai perpanjangan di Suriah dari kelompok teror PKK, yang terdaftar sebagai kelompok teroris oleh Turki, AS dan Uni Eropa.

Ada sekitar 260.000 warga Suriah telah kembali ke kampung mereka di Suriah utara yang telah dibebaskan dari teroris YPG selama Operasi Euphrates Shield  yang diluncurkan Turki pada Agustus 2016.

Komentar Akar datang ketika Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan mengisyaratkan akan segera dimulainya operasi anti-teror di timur Sungai Eufrat di Suriah utara, yang saat ini dikuasai oleh Pasukan Demokrat Suriah (SDF) yang didukung AS, kelompok SDF ini didominasi oleh teroris YPG.

Daily Sabah

Berikan Tanggapan Anda...

comments

LEAVE A REPLY