Kebohongan Rusia Terbongkar, Kurdi Menyanggah Klaim Bahwa Turki Membeli Minyak Dari Daesh

1342

Pemerintah Daerah Kurdi Iraq (KRG), Kamis, mengatakan bahwa foto-foto satelit yang disajikan oleh Kementerian Pertahanan Rusia minggu ini yang menunjukkan militan ISIS menjual minyak ke Turki sebenarnya adalah gambar dari truk Kurdi, yang dikelola negara, kantor berita Turki Anadolu melaporkan.

Juru bicara KRG Safeen Dizayi mengatakan kepada kantor berita Anadolu bahwa Daesh, sebuah kelompok ekstremis yang dilarang di Rusia, tidak menjual minyak ke Turki – sebagaimana klaim Presiden Vladimir Putin dan sejumlah pejabat Rusia dalam dua minggu terakhir sejak Ankara menembak jatuh sebuah jet militer Rusia .

Kepala komisi energi KRG, Serko Cavdet, mengatakan kepada Anadolu bahwa gambar tersebut menunjukkan truk tangki Kurdi sedang mengangkut minyak dari wilayah di bawah kendali mereka ke Pelabuhan Turki, Ceyhan, dan bahwa Daesh tidak bisa mengangkut minyak melalui wilayah Kurdi, karena mereka memerangi kelompok ekstremis tersebut.

“Ekspor minyak KRG  melalui pipa dan kapal tanker ke Turki untuk dijual kepada pembeli di seluruh dunia,” kata Cevdet. “Gambar-gambar satelit Rusia menunjukkan tanker ini … Rusia tidak memiliki bukti transaksi minyak antara Turki, wilayah Kurdi, dan Daesh,” katanya, mengacu pada nama lain ISIS.

Para pejabat Turki juga telah membantah klaim Rusia. Presiden Turki Recep Erdogan bahkan menantang Putin bahwa ia berjanji akan mengundurkan diri jika tuduhan  tentang Turki telah membeli minyak dari Daesh benar-benar terbukti.

The Moscow Times

Berikan Tanggapan Anda...

comments

LEAVE A REPLY