Jaysh al Islam dan Rusia mencapai kesepakatan evakuasi paska serangan kimia di Douma

35

Kelompok oposisi Suriah Jaysh al-Islam dan delegasi negosiasi Rusia mencapai kesepakatan yang akan memberikan akses bagi Jaysh al Islam untuk mundur ke utara Suriah setelah negosiasi terbaru antara kedua belah pihak pada Ahad pagi.

Menurut sumber untuk jaringan berita Suriah Call bahwa perjanjian tersebut menuntut Jaysh al Islam untuk membebaskan puluhan pasukan rezim dan keluarga mereka yang ditahan dengan imbalan akses keluar bagi pejuang Jaysh al Islam ke provinsi Idlib, dan akses keluar bagi warga sipil dari kota Douma ke kota Jarabulus di pedesaan utara Aleppo.

“Penarikan para pejuang dari Douma hanya diizinkan dengan membawa senjata individu mereka, dan evakuasi akan dimulai hari ini bersamaan dengan pembebasan tahanan,” sumber itu menambahkan.

Dikatakan bahwa Rusia menolak proposal negosiasi Jaysh al-Islam untuk menyediakan akses bagi para pejuang mereka ke provinsi Daraa, al-Tanf, Timur Qalamoun atau desa utara Aleppo.

Pada hari Sabtu, rezim Assad melakukan serangan udara di Douma menggunakan gas beracun, menyebabkan lebih dari 100 korban sipil dan hampir 1000 menderita sesak napas, membuat negosiasi dengan Rusia hanya memiliki satu pilihan tunggal yaitu penarikan mundur pasukan Jaysh al Islam.

Syria Call

Berikan Tanggapan Anda...

comments

LEAVE A REPLY