Jamal Khashoggi Dicekik di Konsulat Saudi dan Tubuhnya Dimutilasi

120
Jamal Khashoggi terbunuh pada 2 Oktober di konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki,

Tubuh jurnalis Saudi Jamal Khashoggi telah dibuang setelah dimutilasi, Kantor Kejaksaan Istanbul mengatakan pada hari Rabu(31/10).

“Tubuh Khashoggi telah dipotong-potong setelah dibunuh di Konsulat Saudi,” kata kantor itu dalam sebuah pernyataan, menambahkan bahwa Khashoggi telah dicekik segera setelah beliau memasuki gedung konsulat.

Sementara itu, para pejabat Saudi tidak memberikan informasi tentang siapa kolaborator lokal dalam pembunuhan Khashoggi.

Seorang pejabat Saudi mengatakan bahwa mayat Khashoggi telah diberikan kepada seorang kolaborator lokal untuk diurus, tetapi tidak ada pejabat Saudi yang menyebutkan keberadaan mayat itu dalam laporan kasus.

Laporan itu juga mengatakan bahwa Arab Saudi mengundang kepala jaksa umum Istanbul dan delegasi Turki sebagai bagian dari investigasi terhadap pembunuhan Khashoggi.

Sedangkan turki mengulangi permintaannya untuk ekstradisi tersangka yang ditangkap oleh Arab Saudi.

Pihak Turki menambahkan bahwa diskusi dengan jaksa kepala Saudi Saud al Mujeb tidak memperoleh hasil yang nyata meskipun adanya upaya baik dari Turki untuk mengungkap kebenaran.

Perubahan narasi

Khashoggi, seorang wartawan dan kolumnis Saudi untuk media The Washington Post, dinyatakan hilang setelah memasuki Konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober.

Saudi awalnya mengatakan Khashoggi telah meninggalkan gedung konsulat dalam keadaan hidup,beberapa pekan kemudian pemerintah Saudi mengakui bahwa Khashoggi telah meninggal (terbunuh) di sana.

Investigasi atas insiden itu menunjukkan adanya regu pembunuh khusus yang datang ke konsulat untuk membunuh Khashoggi dan menutupi pembunuhan itu.

Komunitas internasional menolak untuk menerima klaim Saudi bahwa insiden itu bukan pembunuhan terencana.

Sementara itu, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menekankan bahwa semua rincian kasus harus diungkapkan, termasuk yang memberi perintah untuk pembunuhan terencana tersebut.

Juru bicara Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP,partai yang memerintah saat ini di Turki),Omer Celik, mengatakan bahwa Turki tidak akan mengizinkan siapapun menutup-nutupi pembunuhan Khashoggi.

TRT World

Berikan Tanggapan Anda...

comments

LEAVE A REPLY