Israel menutup kantor kedutaan di Turki

1216

Israel pada Senin menginstruksikan kepada kedutaan besarnya di Turki untuk menutup semua misi diplomatik dan kantor pusat di negara tersebut, al Ma’an melaporkan.

Situs berita tersebut mengatakan media Israel telah menyiarkan bahwa Kementerian Luar Negeri Israel meminta penutupan Kedutaan Besar Israel dan konsulat di seluruh Turki karena takut akan sebuah serangan balasan akibat demonstrasi di Yerusalem dan tindakan pembatasan akses oleh Israel di Masjid Al-Aqsa.

Penutupan tersebut terjadi setelah dua orang Yordania terbunuh di Kedutaan Besar Israel di Amman dalam bentrokan yang menyebabkan petugas keamanan terluka kemarin.

Seorang sumber pejabat senior di Kementerian Luar Negeri Israel mengatakan bahwa keputusan tersebut dibuat dengan sangat hati-hati sebelum kejadian di Amman, yang menekankan hal ini bersifat sementara dan akan dibatalkan jika situasi di lapangan memungkinkan.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada hari Sabtu mengecam penggunaan kekuatan “berlebihan” oleh pasukan keamanan Israel dalam bentrokan di Yerusalem dan Tepi Barat yang mematikan.

“Saya mengutuk desakan Israel atas posisinya terlepas dari semua peringatan … dan penggunaan kekuatan yang berlebihan oleh pasukan Israel terhadap saudara-saudara kita yang berkumpul untuk sholat Jumat,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Middle East Monitor

 

Berikan Tanggapan Anda...

comments

LEAVE A REPLY