Israel meminta bantuan Erdogan untuk melakukan mediasi dengan Hamas 

6592

Presiden Israel Reuven Rivlin telah meminta bantuan dari Turki untuk menjadi penengah dalam upaya mediasi dengan Hamas, sebagai bagian upaya Israel untuk meminta kembali jasad dua tentara Israel yang tewas di Gaza, media Israel Haaretz melaporkan hari Senin.

Menurut Haaretz, Rivlin meminta Recep Tayyip Erdogan untuk membantu mendapatkan kembali jasad Oren Shaul dan Hadar Golden, yang dilaporkan Israel telah tewas selama serangan militer terhadap Gaza pada 2014. Dalam sebuah wawancara TV Israel pekan lalu, Erdogan mengatakan bahwa ia siap untuk menengahi “jika kedua belah pihak meminta saya untuk melakukannya.”

Anadolu melaporkan bahwa Erdogan juga bertanya kepada Rivlin tentang rencana Israel untuk melarang adzan dan memintanya untuk mempertimbangkan kembali langkah ini. Presiden Israel dilaporkan telah mengatakan kepada Erdogan bahwa Israel melindungi kebebasan berekspresi dan keyakinan untuk semua pengikut agama, termasuk Muslim, Kristen dan Yahudi.

Selama percakapan mereka, dalam pertukaran duta besar terbaru disebutkan. “Normalisasi hubungan antara Turki dan Israel adalah sangat penting untuk seluruh wilayah,” ujar pemimpin Turki. Dia menegaskan bahwa mereka “dapat terus bekerja sama dalam wilayah gas alam dan percakapan antara kementerian energi kami akan membuahkan hasil.”

Middle East Monitor

Berikan Tanggapan Anda...

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY