Israel membangun tembok bawah tanah di sepanjang perbatasan Gaza

3316

Israel berencana membangun dinding beton baik di atas tanah dan bawah tanah di sepanjang perbatasan Gaza untuk memerangi terowongan Hamas di daerah tersebut, Arab48 melaporkan.

Surat kabar Israel Yedioth Ahronoth melaporkan kemarin bahwa “sistem pertahanan” yang dibangun termasuk puluhan dinding beton beberapa meter di bawah tanah, dan juga akan diperpanjang di atas tanah untuk menghambat kemampuan Hamas untuk terus menggali terowongan untuk menyerang Israel.

Pemerintah Israel sebelumnya telah memperkirakan biaya proyek mencapai puluhan milyar dolar. Rencana yang baru-baru ini disetujui oleh kementerian pertahanan Israel, akan menelan biaya 2,2 miliar shekel Israel ($ 0,57miliar), Yedioth Ahronth menambahkan.

Pagar beton ini adalah yang pertama dari jenisnya di Israel. Yang akan membentang lebih dari 60 kilometer di atas perbatasan Gaza dan akan menjadi sistem pertahanan ketiga yang dibangun Israel di perbatasan, menurut surat kabar itu. Sistem pertahanan pertama didirikan pada 1990-an setelah penandatanganan Persetujuan Oslo, dan yang kedua didirikan pada 2005 sebagai keputusan sepihak Israel untuk melepaskan diri dari Jalur Gaza.

Middle East Monitor

Berikan Tanggapan Anda...

comments

LEAVE A REPLY