Evakuasi kemanusiaan mulai berlangsung di kota-kota yang terkepung di Suriah

1174

Evakuasi kemanusiaan atas 250 orang dari dua kota Suriah yang dikepung oleh pasukan pro-rezim dan 250 dari dua kota yang dikepung oleh pasukan oposisi dmulai Rabu, dikoordinasikan oleh Bulan Sabit Merah Suriah.

Kota-kota yang diblokade oleh pasukan pro-rezim yaitu Zabadani dan Madaya, dekat perbatasan Lebanon. Dan kota yang diblokade oleh oposisi adalah al-Foua dan Kefraya di provinsi barat laut Idlib, dua kota ini didominasi Syiah dan setia kepada rezim.

Sekitar 500 orang – termasuk orang sakit, terluka dan anggota keluarga mereka – mulai dievakuasi dan beberapa sangat membutuhkan perawatan medis untuk menyelamatkan jiwa, kata seorang pejabat PBB..

“Sembilan dari mereka butuh untuk dievakuasi dengan ambulans, dan sisanya akan naik bus baik ke Damaskus atau Idlib,” ungkap pejabat PBB di Jenewa kepada Reuters.

Jan Egeland, ketua kemanusiaan gugus tugas PBB di Suriah, mengatakan pekan lalu ia kecewa dengan lambatnya akses bantuan, sebagian besar disebabkan penghadangan oleh pasukan pro rezim.

Tapi dia menyuarakan harapan bahwa evakuasi 500 orang dari empat kota akan dilaksanakan minggu ini.

Sebuah mobil Bulan Sabit Merah Arab Suriah meninggalkan Madaya dan Zabadani yang pada hari Rabu sebelumnya menjadi target serangan kelompok oposisi tapi tidak ada korban, saksi mengatakan kepada Reuters.

Stasiun TV Lebanon al Mayadeen juga melaporkan konvoi Bulan Sabit Merah telah datang di antara bentrokan.

Warga Madaya dan Zabadani akan dibawa ke wilayah kota Suriah yang dikuasai oposisi yaitu Idlib, kata saksi.

Petugas dengan tanda Bulan Sabit Merah berbaris untuk diperiksa sebelum menuju ke al-Foua dan Kefraya, kata seorang saksi mata Reuters.

Stasiun TV Pro-oposisi, Orient News melaqporkan warga al-Foua dan Kefraya akan dibawa ke kota yang dikuasai rezim di Latakia dan ke daerah Damaskus.

Kesepakatan gencatan senjata lokal untuk empat kota disetujui pada bulan September, tapi kesepakatan belum dilaksanakan sepenuhnya.

Zaman Alwasl

Berikan Tanggapan Anda...

comments

LEAVE A REPLY