Erdogan : Turki akan selalu berdiri bersama rakyat Suriah

2145
Cumhurbaşkanı Recep Tayyip Erdoğan, Birlik Vakfı Genel Merkezi'nde, "Birlik Vakfı 30. Yıl Kutlamaları"na katılarak konuşma yaptı. (Berk Özkan - Anadolu Ajansı)

Presiden Recep Tayyip Erdogan pada Minggu mengatakan bahwa Turki selalu berdiri bersama rakyat Suriah dan siap membayar (dan akan terus membayar) harga yang tinggi atas prinsip tersebut, dan tidak akan mengabaikan penderitaan orang-orang yang tertindas.

Berbicara dalam pertemuan 30 tahun Birlik Vakfı (Unity Foundation), Erdogan mengatakan bahwa Turki tidak akan menutup mata terhadap penderitaan rakyat di seluruh kawasan dan seluruh dunia.

“Kami akan komitmen terhadap sikap kami dan tidak akan menutup telinga untuk saudara kami yang berada di bawah penindasan,” kata Erdogan.

Dia mengkritik Barat untuk sisa acuh tak acuh terhadap krisis.

“Semuanya akan berbeda jika negara-negara Barat memberikan dukungan kepada oposisi moderat,” kata Erdogan dan menambahkan bahwa mereka hanya mulai mengambil tindakan ketika pengungsi tiba di depan pintu mereka.

Dalam kesempatan tersebut Erdogan menegaskan sekali lagi bahwa pasukan Turki berada di Irak untuk memberikan perlindungan bagi pasukan pelatihan, dan akan terus berada di sana.

Erdogan sebelumnya mengatakan Turki tidak akan menarik pasukan dari sebuah kamp dekat kota yang dikendalikan Daesh di Mosul meskipun Baghdad merasa keberatan.

“Para prajurit yang dikerahkan tidak untuk berperang, mereka dikirim untuk melindungi tentara yang memberikan pelatihan kepada pasukan Irak dan Kurdi,” kata Erdogan menambahkan bahwa Turki memutuskan untuk melanjutkan pelatihan.

Militer Turki mengatakan bahwa program ini telah memberikan pelatihan bagi lebih dari 2.500 tentara Peshmerga yang berjuang melawan Daesh.

Daily Sabah

 

Berikan Tanggapan Anda...

comments

LEAVE A REPLY