Erdogan: Oposisi harus menjadi bagian dari solusi Suriah

146

Keterlibatan pasukan oposisi dalam solusi politik diperlukan untuk melaksanakan rencana Astana dan pembicaraan Jenewa, kata presiden Turki

ANKARA – Oposisi Suriah yang moderat harus menjadi bagian dari solusi politik di Idlib, Presiden Turki mengatakan kepada surat kabar Rusia, Kommersant, pada hari Ahad.

Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa Turki memprioritaskan warga sipil, menjaga zona deeskalasi dan melindungi kelompok oposisi moderat sejak permulaan isu Idlib.

“Mungkin ada pendekatan yang berbeda dari berbagai negara tentang oposisi moderat,” menurut Erdogan. “Tapi kami berpikir bahwa oposisi moderat harus tetap (dilibatkan) dalam proses politik.”

Keterlibatan oposisi diperlukan untuk melaksanakan agenda dalam pembicaraan Jenewa dan Astana dengan cara yang sehat, katanya, mengacu pada perjanjian sebelumnya di Suriah oleh PBB, Turki, Rusia dan Iran.

Turki menentang setiap upaya yang bertujuan untuk melemahkan oposisi moderat dengan menganggap mereka sebagai “teroris,” kata Erdogan.

Pemimpin Turki mengatakan Turki telah bekerja selama bertahun-tahun untuk menjaga perdamaian di Suriah dan membantu jutaan warga sipil kembali ke rumah mereka meski ada propaganda dan taktik kotor oleh rezim Bashar al-Assad.

Erdogan memuji kesepakatan antara Ankara dan Moskow di Sochi untuk menciptakan zona demiliterisasi di Idlib.

Dia mengatakan pasukan oposisi akan tinggal di daerah mereka dan kelompok radikal yang ditentukan oleh kedua negara tidak akan diizinkan beroperasi di wilayah tersebut.

Tidak ada konsesi untuk kelompok teror

Dalam artikel tersebut, Erdogan menyatakan bahwa Turki tidak akan mengizinkan kehadiran kelompok-kelompok teror di perbatasannya dengan Suriah mengatakan, “Turki telah membuktikan resolusinya berkali-kali sebelumnya di Afrin, Jarablus, al Bab dan Idlib.

“Turki tidak akan pernah membuat konsesi untuk organisasi teror,” katanya, menambahkan bahwa kebijakan ini tidak akan berubah.

Erdogan menyatakan Turki selalu dengan tegas memprioritaskan perang melawan semua kelompok teror, khususnya Daesh.

“Menyapu area yang jelas di bawah kendali teroris PYD dan YPG sangat penting,” kata Erdogan, dan menambahkan dukungan oleh AS untuk kelompok-kelompok teror “harus berhenti”, karena langkah-langkah tersebut “membahayakan keseimbangan regional dan perdamaian di antara masyarakat di kawasan itu. ”

“Kami mengharapkan Rusia untuk mendukung Turki dalam upaya melawan kelompok-kelompok teror, khususnya PKK, PYD dan YPG,” katanya.

Erdogan melanjutkan dengan mengatakan bahwa negara-negara yang berbagi wilayah yang sama harus memiliki pemahaman bersama tentang keamanan satu sama lain.

 

Anadolu Agency

Berikan Tanggapan Anda...

comments

LEAVE A REPLY