Erdoğan: “Kota Afrin di Suriah Telah Dikepung FSA dan Militer Turki”

255

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdoğan,mengatakan bahwa Tentara Pembebas Suriah (Free Syrian Army – FSA) dan pasukan Turki telah mengepung kota utama di sebuah daerah yang dikuasai teroris YPG, yang berada di sebelah barat laut Suriah. Koalisi pasukan itu (FSA+pasukan Turki) hampir memasuki kota tersebut, menurut media Turki Anadolu Agency.

Dalam sebuah pidato di Ankara pada hari Jumat (09/03), Erdoğan mengatakan bahwa FSA dan pasukan Turki, telah menguasai kota utama Jinderes pada hari Kamis (08/03), yang hanya berjarak 6 kilometer dari kota Afrin. Erdoğan menambahkan bahwa koalisi pasukan itu dapat memasuki kota Afrin kapan saja.

Erdoğan mengulangi tekad Turki untuk maju ke Manbij – sebuah wilayah di sebelah timur Afrin, di mana Amerika Serikat (AS) memiliki bukti kehadiran militer – dan juga lokasi YPG lainnya yang berada di sebelah timur sungai Efrat, setelah operasi pembebasan Afrin ini selesai.

“Kami di Afrin hari ini, besok kita akan berada di Manbij,” kata Erdoğan.

Selanjutnya, beliau berkata bahwa pada tahap awal operasi ini, sekitar 2.000 kilometer persegi (772,2 mil persegi) akan dikendalikan.

Pasukan Turki dan FSA telah membebaskan desa Hallubi Kabir, di Afrin timur laut, dan juga sebuah bendungan yang menyediakan pasokan air ke daerah Azaz dan Afrin. Sedangkan bagian barat bendungan tersebut masih berada di bawah kendali milisi YPG.

Bendungan yang dikenal dengan nama ‘Bendungan 17 April’ ini adalah satu-satunya sumber air yang menyediakan pasokan air bersih dan pembangkit listrik tenaga air untuk wilayah Afrin.

Pada tanggal 20 Januari lalu, Turki meluncurkan Operation Olive Branch untuk membersihkan milisi YPG dari Afrin di Suriah.

Orient News

 

Berikan Tanggapan Anda...

comments

LEAVE A REPLY