Erdogan Kirim Kapal Bantuan ke Somalia, Bangun Infrastruktur Kesehatan dan Pendidikan

6506

somalia turki

 

trtarabic.tv – Erdogan dan Presiden Somalia, setelah menandatangani beberapa poin kesepakatan antara kedua negara di Ibu Kota Mogadishu, Jumat (03/06/16)
Presiden Turki, Recep Tayyib Erdogan mengatakan melalui  Bulan Sabit Merah Turki telah mengirimkan 10 juta ton bahan pangan ke Somalia, dan  masih akan mengirimkan lagi kapal-kapal bantuan secara besar-besaran ke Somalia pada bulan Ramadhan tahun ini.

Erdogan juga menyinggung bahwa rakyat Ethiopia, Eritrea, dan Somalia hidup dalam kondisi yang sangat paceklik, kelaparan, dan sangat sulit.

Hal itu disampaikan pada saat jumpa pers bersama antara Erdogan dan Presiden Somalia, setelah menandatangani beberapa poin kesepakatan antara kedua negara di Ibu Kota Mogadishu, Jumat (03/06/16), seperti dilansir  situs bahasa Arab,trtarabic.tv.

Erdogan juga menekankan bahwa proyek-proyek ini adalah hadiah dari rakyat dan Negara Turki untuk Somalia.

Erdogan menyampaikan masih ada lagi proyek-proyek besar lainnya yang akan menjadi kebanggan rakyat Somalia, yang sedang dikerjakan oleh perusahaan-perusahaan Turki yang akan selesai dalam jangka dua tahun ini.

“Lima tahun yang lalu, proyek-proyek ini dianggap hayalan belaka, namun sekarang akhirnya satu demi satu terwujud,” ujar Erdogan.

Pada kesempatan lain, Erdogan juga membahas berbagai permasalahan bersama Presiden Somalia terkait penguatan hubungan bilateral kedua negara dan penyelesaian beberapa proyek pengembangan dan penandatanganan 9 poin kesepakatan kedua negara.

Pada kesepatan yang sama Erdogan juga berharap persatuan dan kesatuan Somalia.

“Somalia sudah melalui berbagai kondisi sulit, dan senantiasa bekerja keras untuk melewatinya, dan kami akan kami mengharapkan agar pemilu-pemilu berikutnya menjadi media persatuan dan kesatuan Somalia.”

Di saat yang sama dia juga membuka Komplek Kedutaan Besar Turki di Somalia dan mengatakan bahwa rakyat dan negara Turki bangga dengan suksesnya pembukaan rumah sakit anak-anak di Somalia, dengan kapasitas 130 tempat tidur.*/Kivlein Muhammad

Berikan Tanggapan Anda...

comments

LEAVE A REPLY