Dimana Baghdadi? Pemimpin Daesh dilaporkan melarikan diri dari Mosul 

1905

Pemimpin kelompok Daesh dilaporkan telah melarikan diri Mosul di mana pasukan Irak melancarkan serangan besar-besaran terhadap benteng Daesh di Iraq.

Berita ini muncul meskipun ada perintah dari Abu Bakr al-Baghdadi untuk para pengikutnya bahwa mereka harus tinggal di Mosul dan berjuang sampai mati di medan perang.

Rumor perginya Baghdadi mulai diperbicangkan ketika menteri luar negeri Inggris Boris Johnson menegaskan bahwa keberadaannya masih belum jelas, tetapi kemungkinan besar ia telah keluar dari Mosul.

“Abu Bakr al-Baghdadi telah meloloskan diri dari Mosul setelah bos teror tersebut mengatakan kepada para pengikutnya:” Jangan mundur ‘ “, tweet yang dikirim oleh Kedutaan Besar Inggris di Baghdad mengungkapkan

Pada hari Kamis, Baghdadi meminta pasukannya untuk melawan ketika pasukan Irak siap untuk memasuki kota Mosul di mana ia mendeklarasikan “khalifah” dua tahun lalu.

“Jangan mundur,” kata sebuah suara yang disebut sebagai suara Baghdadi dalam pernyataan audio yang dirilis oleh media milik Daesh, al-Furqan.

“Mempertahankan wilayah Anda dengan kehormatan adalah seribu kali lebih mudah daripada mundur karena malu,” katanya dalam pesan audio, yang merupakan pesan pertama yang dipublikasikan dalam lebih dari satu tahun terakhir.

“Untuk semua rakyat  Niniwe, terutama para pejuang, berhati-hatilah dari setiap kelemahan dalam menghadapi musuh Anda,” kata Baghdadi, mengacu pada provinsi Irak utara yang merupakan ibukota Mosul.

Beberapa sumber mengatakan bahwa Baghdadi membuat pernyataan di perbatasan Irak-Suriah dan bahwa ia telah melarikan diri Mosul yang terkepung.

Kota kedua terbesar di Irak Mosul dikuasai oleh kelompok Daesh pada Juni 2014.

Sebuah serangan koalisi di Mosul di mulai pada 17 Oktober dan diperkirakan akan menjadi pertempuran panjang dan sulit untuk mengusir kelompok Daesh dari benteng mereka di Irak.

Menurut militer AS, Daesh memiliki 3.000 sampai 5.000 pejuang di dalam Mosul dan 1.500 sampai 2.500 lainnya berada pada posisi defensif luar kota.

The New Arab

Berikan Tanggapan Anda...

comments

LEAVE A REPLY