Assad Ingkar Janji, Kesepakatan Evakuasi Penduduk Barzeh Gagal

271
Konvoi bus yang mengangkut oposisi dan warga sipil dari Distrik Barzeh (Reuters)

Kesepakatan yang baru-baru ini dibuat oleh penduduk lokal Barzeh, sebelah timur Damaskus, dan rezim Assad telah ditangguhkan.

Dewan lokal di daerah tersebut mengumumkan bahwa kesepakatan untuk memindahkan penduduk lokal ke Suriah Utara telah dihentikan karena rezim Assad batal membebaskan tahanan. Pembebasan ini adalah salah satu ketentuan yang disepakati dalam kesepakatan di antara kedua pihak.

“Pemulangan tahanan, termasuk wanita, diperkirakan akan dilakukan setelah rombongan pertama dari penduduk lokal meninggalkan daerah tersebut, namun rezim Assad tidak bertindak sesuai kesepakatan”, kata sumber anonim kepada Orient Net.

Sumber tersebut menambahkan bahwa rezim Assad mencegah mahasiswa yang tinggal di Barzeh untuk kembali ke rumah mereka sebagai ancaman untuk memaksa dewan lokal setempat menyelesaikan kesepakatan tersebut.

Rombongan pertama penduduk Barzeh berangkat pada Senin (8/5) ke Provinsi Idlib dan Kota Jarablus di perbatasan Suriah-Turki. Rombongan lainnya dijadwalkan akan pindah dari Barzeh pada Kamis (11/5) setelah rombongan pertama tiba di Idlib pada Selasa (9/5). (Orient News)

 

Berikan Tanggapan Anda...

comments